website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 0:35:56 WIB

Terjaring Razia Satpol PP DKI Jakarta, 2.086 Pengemis Ditangkap Selama Bulan Ramadan 2023

Jakarta | detikNews – Arifin, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, angkat bicara soal tingginya jumlah pengemis selama Ramadhan 2023. Arifin mengungkapkan sejak 9 Februari hingga 10 April 2023, total 2.086 orang dari Dinas Kesejahteraan Sosial ( PPKS) terjaring razia Satpol PP DKI.

Dalam konferensi pers di Monas, Jakarta Pusat pada Selasa, 11 April 2023, Arifin menyatakan, “Saya menginformasikan bahwa jumlah PPKS yang terus kami tangkap telah mencapai 2.086 orang.”

Namun, Arifin juga menyebut jumlah pengemis yang tertangkap tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Dia mencatat bahwa tim mereka telah menyaring dan menangkap pengemis sejak Februari.

Baca juga:  Peristiwa Kebakaran Hebat Melanda Warung di Penjaringan, Jakarta Utara: 11 Unit Damkar Beraksi!

“Bahkan ada penurunan (dibandingkan tahun lalu) karena kami aktif melakukan penjaringan sejak Februari. Pada Februari, kami menangkap pengemis lebih dari 1.200, dan sekarang kurang dari 1.000. Lebih sedikit dari tahun lalu,” ujarnya.

Arifin ingin Jakarta bebas dari pengemis di jalanan. Ia mengatakan, banyak pengemis yang memanfaatkan kemurahan hati masyarakat saat Ramadan.

Baca juga:  Kakanwil Jabar Apresiasi Kinerja Karutan Depok

“Kita tidak ingin Jakarta dikepung para pengemis yang memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan untuk mengemis,” imbuhnya.

Arifin juga menduga tidak semua pengemis benar-benar membutuhkan. Berdasarkan temuan Satpol PP DKI, beberapa pengemis berpenghasilan lebih dari pegawai formal di kota.

“Beberapa pengemis ini tidak benar-benar membutuhkan, dan kami telah menemukan bahwa beberapa dari mereka berpenghasilan lebih dari pekerja formal di Jakarta. Kami tidak ingin orang-orang kami menjadi malas dan mengemis di jalanan atau di tempat-tempat ramai seperti itu. Seperti pasar, pusat ekonomi, atau bahkan tempat ibadah seperti masjid. Makanya kita jangkau semuanya. Kebanyakan tuna wisma,” jelasnya.

Baca juga:  Sinergi Pemuda Pancasila dan Plt Bupati untuk Membangun Kabupaten Bogor

Setelah tertangkap dalam razia Satpol PP, oknum PPKS tersebut kemudian diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta untuk dilakukan asesmen. Asesmen tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah para pengemis tersebut memiliki keluarga atau tidak, apakah mereka memiliki KTP DKI Jakarta, serta mengumpulkan data yang relevan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait