website statistics
30.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 13:32:55 WIB

Tim Habib Bahar Siap Membantu 3 Pejabat Avsec Dalam Proses Hukum Pasca Pemutusan Hubungan Kerja

Jakarta | detikNews – Aziz Yanuar, kuasa hukum Habib Bahar bin Smith, menghormati keputusan pemutusan hubungan kerja tiga petugas Aviation Security (Avsec) di Bandara Soekarno-Hatta yang mendampingi Habib Bahar di bandara. Namun, dia tidak menutup kemungkinan menempuh jalur hukum terkait pemecatan tersebut.

“Pertama-tama, saya menghormati keputusan yang diambil Angkasa Pura II jika sesuai aturan mereka,” kata Aziz saat dihubungi, Minggu, 2 April 2023.

Namun, dia percaya bahwa pemecatan itu mungkin sewenang-wenang dan oleh karena itu memerlukan tindakan hukum. Menurut dia, tindakan sewenang-wenang harus dilawan.

“Kalau perlu, kita bisa menempuh jalur hukum. Tindakan sewenang-wenang seperti itu tidak bisa diterima. Jika kita mentolerir kesewenang-wenangan dan ketidakadilan, pada akhirnya akan merusak negara kita,” tegasnya.

Baca juga:  Miris! Bangunan Ponpes Sirojul Athfal Tangerang Memprihatinkan, Pemkab Tutup Mata

Namun Aziz menegaskan, jika akan diambil tindakan hukum, terserah tiga orang yang diberhentikan untuk memulainya. Namun, pihaknya akan siap membantu jika ingin melanjutkan ke jalur hukum.

“Terserah tiga orang yang diberhentikan. Itu bukan kewenangan Habib Bahar. Tapi kami siap membantu,” imbuhnya.

Ketiga petugas Avsec diberhentikan karena menemani Bahar bin Smith setelah dia turun dari pesawat. Tindakan mereka dianggap sebagai pelanggaran serius terhadap prosedur operasi standar.

“Ketiga petugas Avsec tersebut melakukan pelanggaran berat dengan meninggalkan area kerja yang telah ditentukan tanpa melapor kepada atasannya serta dengan mendampingi dan mengawal seorang penumpang yang tidak dalam lingkup tugasnya sebagai petugas Avsec,” ujar SM of Branch Communications & Legal di Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Maret.

Baca juga:  Pertemuan Wapres Ma'ruf dengan Dubes Saudi Faisal Abdullah Bahas Pelayanan Haji dan Kerja Sama Produk Halal

Dalam video pendek yang beredar online, terlihat beberapa petugas Avsec menyambut kedatangan Habib Bahar di bandara dan mencium tangannya. Mereka lalu “mengawal” Bahar saat ia berjalan melewati koridor terminal kedatangan.

AP II menegaskan, setiap petugas Avsec harus selalu mengikuti standar operasional prosedur (SOP). SOP petugas Avsec adalah memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan dengan melakukan pemeriksaan barang dan penumpang.

Baca juga:  13 Ekor Sapi Terlepas Setelah Kecelakaan Truk di Kawasan Niaga Soewarna Bandara Soekarno - Hatta

Peristiwa oknum petugas Avsec mengawal dan mencium tangan Bahar Smith terjadi di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023. Ketiga petugas tersebut dikabarkan merupakan petugas Avsec non organik.

“Tindakan ini merupakan pelanggaran SOP yang serius dan sangat tidak dapat diterima karena dapat berdampak pada aspek keamanan yang tidak kita inginkan,” tambah Muardi.

Akibat pelanggaran SOP dan perilaku tidak disiplin, ketiga pejabat Avsec tersebut diberhentikan, sesuai dengan perjanjian kerja mereka, dengan hukuman yang paling berat.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait