website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 23:31:59 WIB

Tukang “Strum Ikan” Meninggal Dunia di Sungai

Kebumen | detiknews – Seorang pemuda inisial TR (36) warga Desa Tegalsari, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen dilaporkan meninggal dunia tersengat listrik saat mencari ikan.

 

Dijelaskan Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasihumas Polres AKP Heru Sanyoto korban ditemukan meninggal dunia oleh warga sekitar pukul 15.30 WIB, saat nyetrum ikan di Sungai Kali Abang 500 meter dari rumahnya, Rabu 19 April 2023.

 

“Kuat dugaan, korban meninggal karena tersengat listrik alat strum ikan yang digunakan untuk mencari ikan saat itu. Kedalaman sungai saat itu kurang lebih setinggi pinggul orang dewasa,” jelas AKP Heru, Kamis 20 April 2023.

Baca juga:  Viral di Kebumen! Dikira Jualan Parfum Ternyata Pabrik Miras Palsu

 

Saat pertama kali diketahui warga, dijelaskan AKP Heru, korban sudah tidak sadarkan diri di dalam sungai. Kemungkinan listrik dari alat strum bocor dan menjadi senjata makan tuan bagi TR.

 

Oleh warga, korban sempat dilarikan ke RSU Purwogondo namun jiwanya tak tertolong.

 

Sementara hasil olah tempat kejadian perkara yang dilakukan oleh Polsek Adimulyo, polisi tidak menemukan tanda penganiayaan pada tubuh korban. TR murni meninggal karena kecelakaan saat mencari ikan.

Baca juga:  Operasi Ketupat Candi 2023 di Kebumen Kerahkan 605 Personel

 

AKP Heru menambahkan, penggunaan alat strum atau racun untuk menangkap ikan termasuk pelanggaran pidana. Menangkap ikan dengan dua cara itu dinilai sangat merugikan dan merusak sumber daya ikan.

 

Sehingga kegiatan itu dilarang pemerintah, selain juga dapat membahayakan jiwa seperti kejadian di Adimulyo.

 

AKP Heru menjelaskan, berdasarkan UU No. 45 Tahun 2009 tentang perikanan ada larangan penggunaan alat bantu penangkapan ikan yang mengganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan di Indonesia.

Baca juga:  Warga Tapos Depok Temukan Jurus Jitu Penanggulangan Sampah

 

“Ada ancaman pidana jika menggunakan alat bantu menangkap ikan yang membahayakan kelestarian lingkungan,” katanya.(Herman)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait