website statistics
23.4 C
Indonesia
Tue, 7 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Tuesday, 7 May 2024 | 5:24:30 WIB

Upaya Pemkot Bandung Atasi Masalah Sampah: TPA Darurat dan TPS Substitusi

Bandung | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menangani permasalahan sampah pasca Idulfitri. Kendalanya adalah operasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti yang mengakibatkan penumpukan di 55 Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di Kota Bandung.

Pelaksana Harian Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan bahwa beberapa upaya sedang dilakukan untuk menangani masalah sampah sementara, termasuk menyiapkan TPA darurat dan melakukan pola substitusi di TPS yang overload. Pemkot Bandung juga berharap kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar segera memproses normalisasi TPA Sarimukti.

Baca juga:  Menyikapi Kritik, Pelican Crossing Kini Siap Menyambut Pejalan Kaki di Pasar Santa

Meskipun demikian, Ema menyebut bahwa perlu ada tinjauan lebih lanjut terkait penggunaan lahan di Cicabe. Jika upaya ini terpaksa dilakukan, Ema memohon kolaborasi dari sejumlah pihak, utamanya masyarakat di wilayah tersebut untuk bisa berbesar hati. Ema juga meminta warga Kota Bandung untuk meniru TPS-3R di RW 12 Kelurahan Maleer yang sudah bisa menangani permasalahan sampah secara mandiri.

Baca juga:  Langkah Pemkot Bandung untuk Mempercepat Penurunan Kabel Udara di Jalan Riau

“Kita upayakan sementara, beberapa lahan milik Pemkot Bandung seperti di Cicabe untuk menampung sementara. Kita juga lakukan pola substitusi di TPS yang overload. Misal dari TPS Cibeunying ke Babakan Siliwangi, begitu TPA sudah memungkinkan, kita angkut ke TPA. Sementara begitu polanya,” ucap Ema di sela-sela meninjau sejumlah wilayah di Kota Bandung, Jumat, 28 April 2023

Baca juga:  TPA Darurat Cicabe Menjadi Solusi: Lebih dari Setengah Ribu Ton Sampah Dapat Diolah

Pemkot Bandung berharap bahwa dengan adanya upaya-upaya ini, masalah sampah di Kota Bandung dapat segera teratasi dan kembali normal seperti sebelumnya. Kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Semoga langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemkot Bandung dapat membawa perubahan yang positif bagi Kota Bandung dan lingkungan sekitarnya. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait