website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 5:23:40 WIB

2023 Pemkot Depok Revitalisasi Situ Melalui Program ini

Depok | detikNews – Tahun 2023 mendatang, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, mengulirkan program pembangunan dengan nama Sungai atau Situ Elok Cantik dan Menawan (SeCAWAN) Depok. Program tersebut akan mengangkat potensi Sumber Daya Air yang berada di wilayah kota Depok.

“Bidang SDA Dinas PUPR Kota Depok mulai tahun 2023 akan melakukan beberapa penanganan pembangunan kawasan sempadan Sungai diwilayah Kota Depok”, ujar Bahtiar Ardiansyah, selaku Kepala Seksi Pembangunan dan Rehabilitasi Sumber Daya Air DPUPR Kota Depok, Selasa 06/12/2022.

Baca juga:  Transformasi Eks Jubir FPI: Munarman Sampaikan Ikrar Setia kepada NKRI dalam Dinding Lapas Salemba

Pembangunan tersebut lanjutnya, tidak hanya berfokus pada perkuatan tebing Sungai, tetapi juga pemanfaatan sempadan sebagai kawasan yang bisa dijadikan tempat wisata serta ramah lingkungan.

“Penataan kawasan Sungai itu diberi nama atau brand ‘SeCAWAN Depok’ yang artinya Sungai atau Situ Elok Cantik dan Menawan di Kota Depok”, ungkap Bachtiar.

Dia juga mengatakan, SeCAWAN Depok akan mengangkat potensi Sumber Daya Air (SDA), seperti pada Situ yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat pariwisata, khususnya bagi masyarakat Kota Depok.

Baca juga:  Polda Metro Jaya Gelar Rekonstruksi Kasus Penganiayaan, Tersangka dan Rekan Tertunduk Lesu

Bachtiar mengungkapkan, program SeCAWAN Depok yang akan digulirkan pada tahun 2023 itu, akan dimulai di sejumlah Situ, di antaranya Situ Tipar, Situ Cilangkap dan Saluran Sekunder Cabang Tengah dengan menggunakan anggaran 2023.

“Mudah-mudahan program ‘SeCAWAN Depok’ ini dapat terealisasi dan berjalan sesuai rencana, dan berlanjut di tahun 2024, untuk penataan Situ Citayam dan Saluran Cabang Barat Kelurahan Cipayung”, tandas Bachtiar yang juga selaku penginisiasi program ‘SeCAWAN Depok’.

Baca juga:  Nina Suzana: Membentuk Karakter Siswa Melalui Pramuka

“Penataan kawasan sempadan Sungai tersebut, juga merupakan langkah konkret Pemkot Depok untuk mulai memaksimalkan ruang terbuka hijau, sebagai sarana yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat”, tambahnya. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait