website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 1 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 1 May 2024 | 19:05:50 WIB

Bambang Soesatyo Mengapresiasi Dukungan Kemenparekraf untuk Kesuksesan Jakarta E-Prix 2023 sebagai Sustainable Sport Tourism Unggulan Indonesia

Jakarta | detikNews – Ketua Ikatan Sepeda Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyampaikan apresiasi atas dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terhadap penyelenggaraan Jakarta E -Prix 2023 yang akan digelar pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Dukungan Kemenparekraf menjadikan Jakarta E-Prix 2023 sebagai ajang sport tourism berkelanjutan yang patut dicontoh di Indonesia.

Menurut Bambang, dukungan tersebut memperkuat keberlanjutan sistem kelistrikan kendaraan listrik di Indonesia, menjadikan Indonesia sebagai hub bagi industri kendaraan listrik dan olahraga dunia. Hal itu diungkapkannya saat bertemu dengan Sandiaga Uno di Kantor Kemenparekraf di Jakarta hari ini.

“Dengan dukungan Kemenparekraf untuk Jakarta E-Prix 2023, Indonesia semakin menjadi tujuan ajang motorsport internasional. Mulai dari MotoGP, MXGP, World Superbike, F1 Powerboat, dan Formula E semuanya telah hadir di Indonesia. Ke depannya juga akan ada Formula 1 (F1), World Rally Championship, serta World Championship Air Race (Red Bull),” kata Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (5/3/23).

Baca juga:  Ketua MPR Indonesia Mendorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit TNI untuk Menjaga Kedaulatan dan Kekayaan Laut dari Ancaman

“Dengan dukungan Kemenparekraf, IMI akan menghadirkan olahraga internasional mulai dari balap di darat, aspal, laut, dan udara, guna meningkatkan prestasi atlet nasional dan citra Indonesia di dunia. Sekaligus akan memberikan multiplier effect yang signifikan bagi pembangunan bangsa,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, dukungan Kemenparekraf untuk mensukseskan Jakarta E-Prix 2023 antara lain dengan memasukkan acara tersebut ke dalam Kharisma Event Nusantara 2023 dan mempromosikan Jakarta E-Prix 2023 melalui berbagai media yang dimiliki Kemenparekraf. Di antaranya promosi melalui videotron di berbagai event internasional yang dihadiri Kemenparekraf, serta memanfaatkan jaringan di KBRI, KJRI, dan diaspora di berbagai negara.

Baca juga:  Mendekati Pilpres, Sandiaga Uno Semakin Dekat dengan Elite PKS: Apakah Akan Bergabung dengan Partai?

Bamsoet menjelaskan, Jakarta E-Prix 2023 akan menampilkan ikon-ikon Jakarta, antara lain lambang Monumen Nasional, “gigi balang”, “ondel-ondel” (wayang raksasa Betawi), dan “kuku macan”. ” (rantai capit macan, lambang kehebatan laki-laki Betawi).

“Untuk memeriahkan Jakarta E-Prix 2023, panitia telah menyiapkan berbagai event dan atraksi menarik. Di antaranya, pada 1 Juni 2023, seluruh pembalap Formula E akan berparade di JIEC dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. kekuatan seni dan budaya Indonesia hingga dunia,” jelasnya.

Baca juga:  Sinergi SP4N-LAPOR, Diskominfo Kota Depok Dorong Pelayanan Publik Berkualitas dan Responsif

Menurutnya, Formula E terbukti memberikan dampak positif bagi branding kabupaten, kota, dan brand. Seperti yang dikatakan Co-Founder Formula E Operation (FEO) Alberto Longo sebelumnya, Jakarta E-Prix 2022 merupakan yang terbaik dalam sejarah Formula E. Bahkan bisa dibilang sebagai yang terbaik di kejuaraan olahraga motor dunia.

“Selain 60.000 penonton yang hadir langsung di area JIEC dan Ancol, Jakarta E-Prix 2022 juga disaksikan oleh lebih dari 10 juta penonton melalui siaran langsung televisi dan berbagai media lainnya. Impresi di media sosial juga signifikan, mencapai 22,6 juta interaksi pada konten yang disajikan di media sosial Formula E. Untuk Jakarta E-Prix 2023, kami berharap ada peningkatan,” kata Bamsoet.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait