website statistics
21.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 5:48:10 WIB

Berkaharunya Tumpukan Limbah Fiber di Bogor: Dugaan Api Berasal dari Pembakaran Sampah

Bogor | detikNews – Kebakaran tumpukan limbah fiber telah terjadi di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Api diduga bermula dari pembakaran sampah yang terletak tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Informasi dari saksi mata menyebutkan bahwa di lokasi kejadian memang tengah ada pembakaran sampah. Di sekitar tempat pembakaran sampah tersebut, terdapat bekas lokasi fiber. “Jadi keterangan sementara menurut info dari saksi yang melihat memang di situ lagi bakar sampah. Tidak jauh dari tempat bakar sampah itu memang ada bekas lokasi fiber,” ujar Komandan Regu 1 Sektor Gunung Putri, Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Abdul Wafi, saat dimintai konfirmasi pada Jumat (28/7/2023).

Baca juga:  Tersangka Rudi Boy yang Memalak Sopir di Bogor Diancam Hukuman Penjara 9 Tahun

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.25 WIB, dan diyakini api kemudian merambat ke tumpukan limbah fiber. Warga yang menyaksikan api berkobar segera melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Abdul Wafi menambahkan, “Mungkin karena angin kencang, fiber pun mudah terbakar bahannya, jadi kena fiber itu. Kebetulan warga yang melihat langsung telepon kami.”

Baca juga:  Malam Puncak Arus Balik Lebaran: Titik-titik Kemacetan di Tol Cipularang Arah Jakarta

Setelah mendapatkan laporan dari warga, petugas Damkar segera merespons dan menuju lokasi kejadian. Dua unit mobil Damkar dikerahkan untuk memadamkan api.

Abdul Wafi menyampaikan bahwa lokasi kebakaran berada cukup jauh dari permukiman warga, sehingga tidak ada korban jiwa maupun kerusakan properti di permukiman tersebut. “Begitupun kami langsung berangkat, sampai di sana api memang lumayan besar. Alhamdulillah lokasinya jauh dari permukiman warga,” tambahnya.

Baca juga:  Optimasi Penataan Kabel Utilitas di Jalan Kartini oleh Tim Papiku DPUPR Depok

Petugas Damkar berhasil tiba di lokasi kejadian pada pukul 15.35 WIB dan langsung berusaha memadamkan api. Usaha pemadaman memakan waktu sekitar 2 jam sebelum situasi akhirnya dapat dikendalikan. “Situasi akhir kondusif, waktu penanganan kurang lebih 2 jam,” demikian ungkap Abdul Wafi.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait