website statistics
29.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 14:00:16 WIB

Cara Mudah Membuat Kolak yang Lezat di Rumah: Pisang, Kelapa Parut, dan Santan Berpadu Sempurna!

detikNews.co.id | Kolak merupakan salah satu jenis makanan khas Indonesia yang terbuat dari pisang yang direbus dan dicampur dengan kelapa parut dan santan. Biasanya, kolak disajikan sebagai makanan penutup atau hidangan selingan pada acara-acara tertentu, seperti lebaran, pernikahan, atau saat berkumpul bersama keluarga.

Berikut ini adalah poin-poin cara membuat kolak yang mudah di rumah:

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain pisang raja atau pisang kepok yang telah matang, kelapa parut, gula merah atau gula pasir, daun pandan, air, garam, dan santan kental.
  2. Potong-potong pisang menjadi beberapa bagian, kemudian rebus dalam air mendidih sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  3. Potong-potong gula merah atau gula pasir, kemudian masak dengan sedikit air dan daun pandan hingga gula larut dan menjadi sirup.
  4. Masukkan kelapa parut ke dalam wajan, kemudian tambahkan garam secukupnya. Panggang kelapa parut dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong.
  5. Tambahkan santan kental ke dalam kelapa parut yang telah matang, aduk rata dan masak hingga santan meresap.
  6. Masukkan pisang yang telah direbus ke dalam wajan kelapa parut dan santan, tambahkan sirup gula merah atau gula pasir, aduk rata dan masak sebentar hingga semua bahan tercampur.
  7. Koreksi rasa, apabila masih kurang manis dapat menambahkan gula sesuai selera.
  8. Angkat dan sajikan kolak dalam mangkuk atau gelas. Kolak dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin, tergantung selera.
Baca juga:  Fruit Sando Jepang: Makanan Penyegar yang Lezat dan Bergizi

Kolak yang lezat dapat menjadi hidangan yang sempurna untuk menghangatkan tubuh pada hari-hari yang dingin atau menjadi hidangan yang menyegarkan saat cuaca panas. Selain itu, kolak juga sangat mudah dibuat di rumah dan dapat dijadikan alternatif makanan penutup yang murah dan enak untuk keluarga Anda.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kolak, pastikan untuk memperhatikan setiap poin-poin dalam cara membuat kolak di atas. Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, dijamin kolak yang Anda buat akan menjadi lebih lezat dan sempurna. Selamat mencoba! (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait