website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 13:09:29 WIB

China Menyebut Kunjungan Presiden Taiwan ke New York sebagai Konfrontasi Serius dengan Amerika Serikat

New York | detikNews – China bereaksi keras terhadap kunjungan Presiden Taiwan Tsai Ing Wen ke New York, AS, menyebutnya sebagai penyebab potensial konfrontasi serius dengan Amerika Serikat. Menurut CNN, kunjungan Tsai Ing Wen ke New York terjadi pada Rabu (29/3). Selain New York, dia juga mengunjungi Amerika Tengah, Jum’at (31/3/2023).

“Hubungan Taiwan dengan Amerika Serikat tidak pernah sedekat ini,” kata Presiden Taiwan Tsai Ing Wen setelah tiba di New York City.

Baca juga:  Ketua MPR Indonesia Mendorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit TNI untuk Menjaga Kedaulatan dan Kekayaan Laut dari Ancaman

“Taiwan menghadapi tantangan luar biasa,” tambah Tsai.

Tsai menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan tanda solidaritas antar sesama negara demokrasi. Dia menekankan bahwa Taiwan tidak dapat diisolasi, terutama oleh China.

“Kami tahu bahwa kami lebih kuat ketika kami berdiri bersama dalam solidaritas dengan sesama negara demokrasi. Taiwan tidak dapat diisolasi, dan kami tidak menganggap remeh persahabatan,” kata Tsai saat makan malam dengan anggota komunitas Taiwan-Amerika, menurut sebuah rekaman. dari SET TV, afiliasi CNN di Taiwan.

Baca juga:  Minta Sikap Tegas dari Pemerintah, Wakil Ketua MPR RI Tolak Kehadiran Timnas Sepak Bola Israel di Indonesia

Sementara itu, Penasihat China Xu Xueyuan menyebut kunjungan Tsai ke Amerika Serikat sebagai bentuk konfrontasi yang serius. Menurutnya, hal ini akan berdampak parah pada hubungan kedua negara.

“Transit Tsai di AS dapat menyebabkan konfrontasi serius dalam hubungan AS-Tiongkok dan berdampak parah pada hubungan mereka,” kata Xu Xueyuan kepada wartawan di Washington, Rabu.

Baca juga:  Hadapi Panas Ekstrem, Warga Tunisia Pilih Berendam di Pantai Seharian Menyegarkan!

Dia juga mengatakan bahwa kunjungan Tsai dapat merusak kedaulatan China. Menurutnya, AS harus menanggung semua risiko kunjungan tersebut.

“Apa yang telah dilakukan AS secara serius merusak kedaulatan dan integritas teritorial China. AS harus menanggung semua konsekuensinya,” kata Xu.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait