website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 27 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 27 April 2024 | 4:59:04 WIB

Dampak dari Kenaikan BBM Bersubsidi, Harga Cabai dan Ayam Naik

Reporter: Saepuin

Pandeglang | detikNews – Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi membuat sejumlah bahan pokok ikut mengalami kenaikan, Di Pasar Badak Kabupaten Pandeglang, kenaikan harga terjadi pada Cabai keriting dan Ayam potong.

Kenaikan itu terjadi sehari sebelum Pemerintah menetapkan kenaikan BBM bersubsidi. akibat kenaikan tersebut para pedagang pasar mengeluhkan sepinya para pembeli.

“Aceng seorang pedagang ayam potong di Pasar Badak Pandeglang tersebut mengatakan, setelah terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi, harga ayam potong juga ikut naik, sebelum BBM naik, harga ayam potong hanya berkisar Rp 28 ribu perkilogram, namun saat ini harga tersebut naik menjadi Rp 33 ribu perkilogram naik Rp 5 ribu per kilogram.

Baca juga:  Meningkatkan Sistem Kesehatan melalui Konten Informatif yang Signifikan

“Semula harga Rp 28 ribu sekarang Rp 33 ribu perkilogram. Ini tentu dampak dari kenaikan BBM bersubsidi, jadi bahan-bahan di pasaran ikut naik juga,” kata Aceng, Selasa (6/9/2022).

Ia memprediksi harga cabai dan ayam potong tersebut masih bisa terus naik jika harga BBM tidak kunjung turun. Bahkan ia mengaku tidak sedikit Warga yang mengeluh dan komplain dengan kenaikan ayam potong tersebut.

Baca juga:  Watertank PDAM di Perumahan Pesona Depok II Menuai Kecaman Warga: Khawatir Jebol dan Menyebabkan Bencana

“Kalau BBM bersubsidi tidak turun harga pasti akan naik terus. Ada aja yang komplain dan ngeluh, bahkan ada juga mengurangi pembeliannya,” ungkapnya.

Keluhan yang sama juga diungkapkan oleh pedagang Cabai keriting di Pasar Badak Pandeglang, Aas mengukapkan harga Cabai keriting yang sudah kembali normal mengalami kenaikan setelah adanya kenaikan BBM bersubsidi.

Baca juga:  Pantau Pos Pengamanan dan Titik Mudik Lebaran 2023, Walikota Depok Jaga Keamanan dan Kerukunan

Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harga Cabai keriting tersebut di Pasar Badak Pandeglang, mencapai seratus persen dari semula hanya Rp 50 ribu perkilogram menjadi Rp 100 ribu perkilogram.

“Harga cabai merah keriting yang naik, sebelum harga BBM naik harganya Rp 50 ribu perkilogram tapi sekarang harganya Rp 100 perkilogram. Biasanya kenaikan ini karena cuaca atau pasokan, tapi sepertinya kalau sekarang karena kenaikan BBM bersubsidi itu,” papar nya.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait