website statistics
22.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 2:37:59 WIB

Dana Hibah KONI Rp. 5 Miliar, Ini Ungkapan Plt Bupati Pemalang

Pemalang | detikNews – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah telah mengelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah KONI Tahun Anggaran 2023 serta Sosialisasi Pengelolaan Dana Hibah KONI Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan di salah satu Hotel di Pemalang pada Kamis, 19 April 2023 lalu. Demikian dikatakan Ketua Umum KONI Kabupaten Pemalang, Nugroho Budi Raharjo.

“Iya benar, kami telah mengadakan monitoring,evaluasi dan sosialisasi pengelolaan dana hibah KONI tahung anggaran 2023, dengan  tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran,” ujar Nugroho, Sabtu ( 22/04/2023)

Nugroho juga menjelaskan bahwa langkah ini sesuai dengan Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Kemendagri Nomor 77 Tahun 2020, Peraturan Bupati Pemalang Nomor 20 Tahun 2021, dan Perbup Pemalang Nomor 15 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan, dan Penataan Usaha, Pelaporan, dan Penanggung Jawaban serta Monitoring dan Evaluasi Hibah dan Bantuan Sosial di Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Konsisten Berikan Kepedulian Terhadap Warga, WPSP Kembali Gelar Aksi Bagikan Nasi Kotak Dalam Giat Rutin Jum'at Berkah

“sangat penting ya  untuk disosialisasikan kepada para pelaku organisasi olahraga agar regulasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembinaan olahraga,”tandasnya.

Nugroho Budi Raharjo juga menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah dapat menganggarkan dana dalam APBD untuk organisasi olahraga sesuai dengan Kemendagri Nomor 27 Tahun 2021, karena pembinaan olahraga bertujuan untuk mencapai prestasi yang membanggakan bagi Bangsa dan Negara.

Sebelumnya, dalam giat tersebut,  Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat S.T mengungkapkan bahwa kegiatan Pembukaan Monitoring dan Evaluasi Dana Hibah KONI Tahun Anggaran 2023 serta Sosialisasi Pengelolaan Dana Hibah KONI Tahun Anggaran 2023 ini ditujukan kepada Ketua Umum KONI Pemalang, Nugroho Budi Raharjo, Kepala Disparpora Mualip, serta Pengurus KONI dan Pengurus Cabang Olahraga di Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Akan Berakhir Sendiri Jika Pasangan Calon Berbeda, Tegaskan PPP, Sementara Golkar Menegaskan Solidaritas

Mansur Hidayat menegaskan bahwa pengelolaan dana hibah harus mengikuti aturan yang baik dan jelas, karena dana tersebut adalah uang negara yang harus dipertanggungjawabkan, terlebih untuk anggaran tahun 2023 ini nilainya cukup fantastik yakni sebesar Rp. 5 miliar.

“Pemerintah berharap dengan dana hibah sebesar Rp.5 Miliar yang cukup besar tahun ini, prestasi olahraga di Kabupaten Pemalang dapat meningkat dari tahun sebelumnya. Namun, penggunaan dana hibah tersebut harus sesuai dengan aturan yang baik dan jelas, karena dana itu merupakan uang negara yang harus dipertanggungjawabkan setiap rupiahnya,” ujar Mansur.

Baca juga:  KKN Tematik Undip di Desa Bojongnangka Melakukan Optimalisasi Pengolahan Sampah Sebagai Upaya Utilisasi Sampah Berkelanjutan

” Bagi teman-teman cabang olahraga harus dimanfaatkan lebih baik,” Pesan Mansur Hidayat.

pada kesempatan itu, Mansur Hidayat juga mengingatkan bahwa Agustus mendatang akan dilaksanakan kegiatan Porprov dan itu merupakan momentum untuk dapat lebih berprestasi dari tahun-tahun sebelumnya agar menjadi kebanggaan bersama.

“Kami akan memberikan apresiasi bagi para atlet yang berprestasi, tanpa mengurangi prestasi yang lain, Walau tidak juara kita apresiasi, apa lagi juara lebih kita apresiasi”, tandasnya. (Eko B Art).

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait