website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 8:43:07 WIB

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Akan Berakhir Sendiri Jika Pasangan Calon Berbeda, Tegaskan PPP, Sementara Golkar Menegaskan Solidaritas

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan berakhir dengan sendirinya jika mereka mendukung pasangan calon (paslon) yang berbeda pada Pemilihan Umum 2024. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Ahmad Doli Kurnia, menyatakan bahwa ia belum melihat pernyataan resmi mengenai sikap partai-partai di dalam KIB tersebut.

“Dari yang saya ketahui, belum ada pernyataan resmi yang saya lihat atau dengar dari PPP yang menyatakan bahwa KIB akan berakhir seperti yang disampaikan tadi,” ujar Doli kepada wartawan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, pada Minggu (14/5/2023).

Baca juga:  Truk Muatan Bahan Kimia Terbakar di Tol Pemalang, Menyebabkan Tiga Orang Meninggal Dunia

Doli mengatakan bahwa ketiga partai tersebut sempat mengadakan pertemuan setelah PPP mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di tahun 2024. Dalam pertemuan tersebut, mereka menegaskan bahwa KIB tetap solid.

“Pada pertemuan tersebut, kami menyatakan bahwa KIB tetap solid. Jadi, satu-satunya ukuran yang kita gunakan adalah yang disampaikan oleh ketua umum partai politik,” jelasnya.

Namun demikian, Doli menyatakan bahwa setiap partai dalam poros koalisi akan membahas sikap mereka terkait dukungan calon presiden dan calon wakil presiden jika terdapat perbedaan pendapat.

Baca juga:  Kontroversi Endorse Presiden Jokowi, Dampak Negatif terhadap Netralitas Pemilu dan Peran Seorang Negarawan

“Namun, jika kita membicarakan mengenai KIB, misalnya terkait calon presiden dan calon wakil presiden dari KIB, kita akan membahasnya bersama-sama,” tambahnya.

Sebelumnya dilaporkan, Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani, mengatakan bahwa tidak masalah jika Partai Amanat Nasional (PAN) dan Golkar, yang merupakan anggota KIB, tidak mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Arsul menilai bahwa kemungkinan setiap partai dalam KIB akan memiliki pengusungan yang berbeda.

“Saya rasa itu bukan masalah, pada dasarnya kami yang berada dalam koalisi pemerintahan sepakat untuk saling menghormati, meskipun ada kemungkinan bahwa pada akhirnya pasangan calon kami akan berbeda,” ungkap Arsul usai menghadiri Musyawarah Rakyat (Musra) relawan Jokowi di Istora Senayan, Jakarta, pada Minggu (14/5).

Baca juga:  Sandiaga Uno Tampil Seru dengan Batik Motif Gong Si Bolong Berwarna Hijau dan Merah: Tinggal Dicoblos Saja!

Arsul menyatakan bahwa PPP bersama Golkar dan PAN, yang keduanya berada dalam koalisi pemerintah, akan menghormati keputusan terkait calon presiden. Ia menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan berakhirnya KIB jika terdapat perbedaan pandangan.

“Tidak perlu menggunakan kata ‘bubar’. Secara alami, hal itu akan berakhir begitu saja,” tambahnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait