website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 17:22:53 WIB

Direktur Utama PT Pertamina Angkat Bicara Mengenai Kontroversi Pergantian Pimpinan

Jakarta | detikNews – Pada beberapa waktu belakangan, PT Pertamina (Persero) menjadi sorotan perhatian publik menyusul munculnya rumor mengenai pergantian pucuk pimpinan perusahaan. Isu ini menyinggung kemungkinan pergantian posisi Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, oleh Komisaris Utama, Basuki Tjahaja Purnama, yang lebih dikenal sebagai Ahok. Atas isu tersebut, Nicke Widyawati buka suara dengan mengatakan bahwa pergantian direksi adalah kewenangan pemegang saham, sehingga sebagai Direktur Utama, ia tidak dalam kapasitas untuk membicarakan hal tersebut (Selasa, 25 Juli 2023).

Menteri BUMN Erick Thohir juga menanggapi rumor ini dengan memberikan penjelasan bahwa hingga saat ini belum ada keputusan mengenai pergantian pimpinan di PT Pertamina. Dia menyatakan bahwa “tour of duty” memang bisa terjadi, namun belum bisa mengkonfirmasi apakah ada keputusan yang telah diambil (Jumat, 21 Juli 2023). Erick juga menyoroti pentingnya sinkronisasi antara klaster-klaster perusahaan BUMN, serta menekankan isu geotermal yang belum tuntas dan harus diatasi oleh Pertamina dan PLN agar dapat mencapai target pembangkitan 2,4 gigawatt.

Baca juga:  Rencana Relokasi TBBM Plumpang ke Lahan Milik Pelindo : Langkah Strategis Menteri BUMN Erick Thohir

Sebagai gambaran, model kepemilikan bersama di sektor rumah sakit menjadi contoh yang dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan yang ada. Melalui pendekatan ini, berbagai perusahaan BUMN dapat berkolaborasi dalam menghadapi permasalahan yang kompleks dengan lebih efisien.

Kendati beredar rumor tentang pergantian pimpinan, Erick Thohir menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada kebutuhan untuk melakukan pergantian kepemimpinan di PT Pertamina. Keputusan tersebut sepenuhnya tergantung pada pemegang saham dan harus melalui proses yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  3 Fakta Kebakaran Bengkel Motor Viral Getok Harga di Bogor

Mengingat peran strategis PT Pertamina sebagai BUMN di sektor migas, stabilitas dan kontinuitas kepemimpinan adalah hal penting. Kepemimpinan yang kuat dan efektif sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan dalam industri energi, termasuk dalam mencapai target pembangkitan energi terbarukan yang ambisius.

Di sisi lain, transparansi dan keterbukaan dari manajemen perusahaan akan membantu meredam spekulasi dan isu yang beredar di masyarakat. Masyarakat dan pemangku kepentingan perusahaan perlu diberikan informasi yang jelas dan akurat mengenai kondisi perusahaan dan rencana masa depannya.

Baca juga:  Pemkot Tangerang Rehabilitasi Rumah di 700 Titik Lokasi

Dalam menghadapi masa depan, diharapkan PT Pertamina dapat terus berkembang dan berkontribusi lebih besar bagi negara dan masyarakat. Sinergi yang kuat antara perusahaan, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan akan menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kemandirian energi dan mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Secara keseluruhan, masa depan PT Pertamina adalah tanggung jawab bersama. Dukungan dan kepercayaan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya pemegang saham, akan sangat menentukan arah perjalanan perusahaan ke depan. Semoga PT Pertamina terus menjadi kebanggaan bangsa dan mampu menghadapi berbagai tantangan dengan profesionalisme dan integritas tinggi. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait