website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 6:24:28 WIB

Expo Harkopnas Pemalang ke-76 Tahun 2023: Mewujudkan Keadilan Sosial dan Mengangkat Koperasi Menuju Masa Depan dengan Koperasi yang Modern

Pemalang | detiknews – Ketua Panitia Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023 Kabupaten Pemalang Sujarwo menyampaikan bahwa maksud dan tujuan expo yang berlangsung selama 3 hari tersebut, untuk membangkitkan kesadaran bangsa akan pentingnya koperasi dalam sistem perekonomian nasional.

“Hal itu untuk mewujudkan keadilan sosial, dan menjadi momentum kebangkitan koperasi untuk beradaptasi terhadap perubahan jaman, melalui koperasi yang modern,” ujar Sujarwo.

Terkait dengan penganggaran kegiatan Sujarwo mengungkapkan, perencanaan anggaran dan penyelenggaran peringatan Harkopnas yang ke-76 merupakan swadaya masyarakat, gerakan koperasi dan sumbangan dari BUMD dan BUMN Kabupaten Pemalang.

Baca juga:  Nawawi Pomolango, KPK Dorong Mahfud Md Dukung RUU Perampasan Aset Dalam Pemberantasan Korupsi

Masih menurut Sujarwo, bahwa Peserta expo adalah UMKM Kabupaten Pemalang, dengan jumlah sebanyak 66 stand. Selain UMKM, beberapa perangkat daerah juga berpartisipasi dalam expo tersebut.

“Dalam rangka menyosialisasikan kesehatan, Dinas Kesehatan (Kabupaten Pemalang) memberikan pelayanan kesehatan. Disdukcatpil terkait dengan pelayanan kependudukan. Selain itu ada pula pelayanan adalah dari PMI Kabupaten Pemalang,” pungkas Sujarwo.

Dalam kesempatan yang sama Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T juga berharap, pameran atau expo dapat meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.

Baca juga:  Kondisi Terkini: Ibu dan Bayi Korban Pelemparan Batu di Margonda Depok

“Semoga dengan mengikuti expo, pangsa pasar dapat diperluas dan berdampak positif terhadap naiknya pendapatan,” hal tersebut disampaikan Mansur Hidayat saat membuka expo dalam rangka Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76 Tahun 2023 di Alun-Alun Pemalang, Jumat (21/7).

Selanjutnya Mansur Hidayat menambahkan bahwa, expo kali ini justru memberikan ruang dan kesempatan kepada para pelaku usaha di Kabupaten Pemalang terutama UMKM, agar dapat menawarkan dan mempromosikan produk-produknya, baik berupa barang ataupun jasa.

Baca juga:  Dugaan Pencucian Uang, KPK Akan Panggil AKBP Achiruddin Hasibuan untuk Klarifikasi LHKPN Miliknya

Dan melalui expo ini, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Pemalang selaku penyelenggara acara, dapat mengambil manfaat untuk mengembangkan, mengenalkan dan mempromosikan koperasi kepada warga masyarakat luas. Pada gilirannya nanti, diharapkan partisipasi warga untuk bergabung dan menjalankan usaha dengan model koperasi akan semakin meningkat.

Saya berpesan kepada panitia dan pengunjung, agar senantiasa menjaga kebersihan, menyediakan sarana dan prasarana umum, dan waspada terhadap adanya potensi tindak pencurian, pungkas Mansur Hidayat. (Eko B Art)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait