website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 16:43:03 WIB

Genangan Air di Jalan Margonda Depan Plaza Depok, Warga Menyebut Galian Kabel sebagai Penyebabnya

Depok | detikNews – Jalan Margonda Raya, tepatnya di bawah jembatan penyeberangan pejalan kaki (JPO) Plaza Depok menuju Pemkot Depok, mengalami genangan air. Menurut warga, banjir disebabkan kabel optik yang dipasang saat revitalisasi trotoar atau gorong-gorong.

Pengamatan yang dilakukan detikcom di lokasi pada Selasa (6/6/2023) pukul 18.03 WIB terungkap ketinggian air setinggi trotoar. Pengendara terlihat mengurangi kecepatan akibat dampak genangan air.

Seorang petugas pekerjaan umum dan tata ruang dari Departemen Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) terlihat mencari titik-titik drainase yang tersumbat menggunakan linggis di trotoar. Akhirnya, banjir mereda setelah hujan berhenti.

Baca juga:  Pemkot Depok Perbaiki 4 Titik Jalan Berlubang di Jalan Margonda Raya, Masih Terdapat Beberapa Lubang yang Belum Ditambal

Seorang warga bernama Umar (45) menuturkan, air selalu menumpuk di jalan ini saat hujan turun. Menurut dia, banjir tersebut disebabkan oleh parit kabel di gorong-gorong trotoar.

“Setiap kali hujan tidak terlalu parah, saya tidak mau terlalu mengomeli petugas. Ini bukan soal sampah, tapi karena kabel di bawah gorong-gorong trotoar. Kenapa dipakai?” kata Umar kepada wartawan.

Menurutnya, sebelumnya banjir sudah sampai ke rumah-rumah penduduk. Dia juga mengaitkan genangan air dengan elevasi yang lebih rendah dari area di bawah jembatan penyeberangan. “Sampai (rumah warga). Karena ada kabel-kabel di gorong-gorong, dan daerah ini lebih rendah,” imbuhnya.

Baca juga:  Kuasa Kurator PT. Rama Gloria Sakti Tekstil Industri (Dalam Pailit) Juga Lapor Komnasham

Dia menyebutkan, genangan air terjadi setelah revitalisasi trotoar. Ia berharap kabel di bawah trotoar disingkirkan untuk mencegah banjir lebih lanjut.

“Setelah revitalisasi, ini terjadi (banjir). Yang paling penting kabel-kabel dicabut,” katanya.

Sementara itu, Imron, petugas dari Dinas Sumber Daya Air DPR menyatakan, pihaknya bersiaga di lokasi saat hujan turun. Menurut Imron, salah satu warga mengaku banjir disebabkan parit kabel.

Baca juga:  Wujudkan Good Governance: Pemkot Bandung Perkuat Langkah Anti Korupsi

“Ya, di sini kami selalu siaga setiap hujan deras. Banjir itu akibat tertutupnya parit kabel, menurut warga,” terangnya.

Ia menambahkan, tidak ada sampah yang menyumbat lubang drainase. “Tidak ada sampah di lubang drainase. Biasanya kami menunggu di sini sampai semuanya kembali normal, yang biasanya memakan waktu sekitar satu jam setelah hujan reda,” pungkasnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait