website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 7:31:34 WIB

Haji Uma Laporkan Mafia Bimtek Kepada Mentri Keuangan RI

Aceh | detikNews – H. Sudirman alias Haji Uma, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) asal Aceh, kembali melaporkan oknum yang terlibat penyelewengan dana alokasi Bimbingan Teknis (Bimtek) di dana desa Aceh, Kamis (15/06/2023).

Haji Uma menyampaikan hal tersebut dalam rapat kerja Komite IV DPD RI dengan Kementerian Keuangan RI yang dihadiri langsung oleh Sri Mulyani di Kantor DPD RI di Senayan.

Baca juga:  Berkah Ramadhan: Kader AMK Jakarta Bagikan Takjil dan Nasi Kotak untuk Masyarakat

“Bimtek yang dibiayai dana desa telah dimanfaatkan oleh oknum tertentu di daerah yang menggandeng perusahaan Event Organizer (EO) eksternal. Ini adalah skema mafia, di mana ratusan miliar telah dihamburkan di Bimtek untuk kepentingan oknum tersebut,” ungkap Haji Uma.

Haji Uma menjelaskan, setiap desa wajib mengalokasikan sejumlah dana untuk Bimtek luar kota dan menugaskan perangkat desa untuk mengikuti Bimtek luar kota tersebut. Ketidakikutsertaan akan menimbulkan kerumitan dalam pelaporan dana desa.

Baca juga:  Mengenal lebih dekat Sosok Sang 'Krisna' Pemegang Tongkat Komando, Polresta Kota Kupang yang Baru

Lebih lanjut, Haji Uma juga menyoroti bahwa Bimtek yang dilakukan selama ini tidak sesuai dengan kebutuhan desa di daerah tersebut. Misalnya, Bimtek tentang perencanaan kota untuk perangkat desa di Aceh telah dilakukan sementara desa-desa di Aceh masih sangat tertinggal, sehingga Bimtek ini sama sekali tidak berguna.

Haji Uma mendesak Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa untuk serius menangani masalah ini dan memberantas mafia Bimtek di dana desa dengan memastikan penggunaan dana tersebut tepat sasaran dan tepat sasaran.

Baca juga:  Dukungan PPP Terhadap Ganjar Pranowo: Kelompok Koalisi Mengakui Kemungkinan Paslon yang Berbeda

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut dan segera mengevaluasi situasi di lapangan untuk memastikan dana desa benar-benar digunakan sesuai peruntukannya dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Rizki M)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait