website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 10:13:35 WIB

HMP-BK FTK Gelar Baksos Dalam Rangka Peduli Lingkungan

BANDA ACEH | detikNews – Keperdulian terhadap lingkungan bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga sebuah keharusan bagi seluruh individu. Sayangnya, lingkungan di sekitar kita seringkali tidak mendapat pengelolaan yang tepat, mengakibatkan dampak buruk pada kebersihan dan kesehatan lingkungan. Upaya dalam menjaga lingkungan telah dilakukan sebelumnya, mengingat betapa pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup manusia.

Ada empat aspek utama dalam pengelolaan lingkungan hidup, yaitu: pengelolaan rutin lingkungan, perencanaan awal pengelolaan lingkungan sebagai dasar pembangunan, perencanaan pengelolaan lingkungan berdasarkan prediksi dampak lingkungan dari suatu proyek, dan perencanaan pengelolaan lingkungan di sekolah.

Baca juga:  Masuk 5 Besar, Tim Provinsi Turun ke Gampong Mane Tunong untuk Penilaian Lomba Gampong

Namun, diperlukan tindakan konkret yang langsung berdampak pada lingkungan saat ini. Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling (HMP-BK) Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry telah melaksanakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah mengatasi permasalahan sampah di sekitar kita agar lingkungan dapat pulih.

Baca juga:  Semarak Milad ke 111, Muhammadiyah Simeulue Gelar Aksi Bela Palestina

Salah satu program unggulan yang diinisiasi oleh Departemen Hubungan Mahasiswa (Humas) di bawah kepemimpinan Alisha Zahara Saadiya adalah “BERPALING” (Bersama Peduli Lingkungan Hidup), dengan tema “Mari Selamatkan Bumi Bersama”. Kegiatan ini digelar pada 27 Agustus 2023 di Pantai Benteng Inong Bale.

Zulfadlan Asra, selaku Ketua Umum HMP-BK, menjelaskan, “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Kami mengajak berbagai kalangan untuk mengambil tindakan nyata melalui kegiatan membersihkan pantai,” ujarnya.

Baca juga:  Bantuan Benih Kementan: Pemkab Bekasi Salurkan secara Bertahap kepada Petani Terdampak Banjir

“Kami percaya bahwa memilih lokasi ini adalah langkah penting dalam menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan. Kami berharap generasi muda, sebagai pewaris bangsa, akan memahami pentingnya menjaga kebersihan pantai dan lingkungan secara keseluruhan,” tutupnya. (Rizki.M)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait