website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 8 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 8 May 2024 | 22:44:17 WIB

Bantuan Benih Kementan: Pemkab Bekasi Salurkan secara Bertahap kepada Petani Terdampak Banjir

Bekasi | detikNews – Pemerintah Kabupaten Bekasi telah membagikan bantuan benih dari Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian (Kementan) secara bertahap kepada petani di 14 kecamatan di Kabupaten Bekasi yang terdampak banjir beberapa waktu yang lalu.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari mengungkapkan bahwa sebanyak 10.490 hektar lahan terdampak banjir tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Bekasi, dan bantuan benih sebanyak 262.250 kilogram telah disalurkan.

“Kami telah menyalurkan bantuan benih di Kecamatan Sukakarya dengan total 25.875 kilogram benih dan lahan yang terdampak mencapai 1.035 hektar. Bantuan benih ini diterima langsung oleh kelompok tani sesuai dengan calon petani dan calon lokasi (CPCL) yang kami miliki. Untuk kecamatan lainnya, akan disalurkan bertahap,” ujar Lesmanasari pada Minggu (26/03/2023).

Baca juga:  Pemerintah Kab. Barru Menggelar Sayembara Logo Dalam Rangka Hari Jadi Kab. Barru Ke-62

Untuk mendapatkan bantuan benih dari pemerintah, petani yang terdampak banjir harus memenuhi kriteria fuso, menjadi petani aktif yang terdaftar dalam sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK) dan divalidasi antara petugas pengendali organisme penganggu tumbuhan (POPT) dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di masing-masing wilayah yang terdampak.

“Sementara itu, titik lokasi harus jelas sesuai dengan data pemetaan lahan pertanian berbasis spasial atau Poligon,” tambahnya.

Baca juga:  Ketua DPC AWDI Muara Enim Beli Satu Paket Meja dan Kursi

Subkoordinator Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo Hadi Triwardoyo, mengungkapkan bahwa saat ini bantuan benih dari Kementan masih diproses sesuai ketersediaan benih dari penyedia. “Kami telah mengirimkan bantuan benih ke Kecamatan Sukakarya pada Kamis (23/03) dan selanjutnya rencananya pada Senin (27/03) untuk Kecamatan Cabangbungin. Sementara untuk Kecamatan Pebayuran, masih menunggu konfirmasi dari penyedia,” ujarnya.

Dalam hal bantuan pupuk berupa Pupuk Hayati Cair (PHC) yang berasal dari APBD Kabupaten Bekasi, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi telah menyalurkan bantuan PHC sebanyak 54.315 liter untuk 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi. “Bantuan ini telah selesai disalurkan di awal Maret tahun ini sesuai peruntukannya dan sudah direncanakan sebelumnya, baik untuk wilayah yang terdampak banjir maupun tidak di 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi,” tambahnya.

Baca juga:  Sertijab Kapolsek Padureso dan Kapolsek Karangsambung

Ketua Kelompok Tani (Pokta) Berkah Tani, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarya, Sumardi mengucapkan terima kasih atas bantuan benih yang telah diberikan oleh Direktorat Perbenihan, Kementerian Pertanian.

“Bibit telah sampai kepada kelompok kami dengan jumlah 2.750 Kg dengan kualitas benih sangat bagus. Terimakasih banyak kepada Direktorat Perbenihan,” ucapnya. (Roni)
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait