website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 22:03:26 WIB

IBH Minta Tolong Kesekolah Swasta di Depok

Depok | detikNews – Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menegaskan kepada para lembaga pendidikan swasta jenjang SD/MI maupun SMP/MTs yang berada di wilyah Kota Depok agar dapat meringankan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolah bagi para siswa miskin. Hal itu ditegaskannya saat acara sosialisasi Bansos Pembiayaan Pendidikan melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) di Gedung Baleka Kota Depok, Selasa (01/11/2022).

“Sekolah swasta yang mengenakan biaya pendidikannya kepada siswa miskin sebesar Rp. 200 ribu atau Rp. 250 ribu saya tidak mau. Untuk siswa miskin tolong diberikan keringanan maksimal Rp150 ribu per bulan”, ujarnya.

Baca juga:  Usulan DKR: Intervensi APBD Untuk Pemulangan Ijazah Siswa Miskin yang Belum Diambil dari Sekolah Swasta

IBH merinci, jika SPP tersebut maksimal Rp.150 ribu jika dikalikan 12 bulan hanya Rp1,8 juta. Jadi, dari bantuan beasiswa KDS masih ada sisa uang itu untuk membeli sepatu, seragam ataupun buku.

“Jadi tidak semuanya habis hanya untuk membayar SPP saja, itu yang kami harapkan. Apalagi kalau sampai terhutang”, tandas Imam.

Dalam acara tersebut, Imam juga menegaskan kepada jajaran aparatur di Dinas Pendidikan Kota Depok, agar memantau sekolah-sekolah swasta SD/MI ataupun SMP/MTs, jikalau ada yang membebankan bayaran SPP diatas Rp. 150 ribu kepada siswa miskin, Dinas Pendidikan Kota Depok untuk tidak memberikan bantuan beasiswa itu kepada sekolah tersebut.

Baca juga:  Kementerian Pemuda dan Olahraga Sediakan Beasiswa Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Indonesia

“Jika ada sekolah swasta yang bayarannya Rp. 200 ribu keatas untuk warga miskin, tolong jangan dikenakan yang sama dengan lainnya, tolong diberikan keringanan”, tegasnya.

Imam mengungkapkan, program Beasiswa Kartu Depok Sejahtera (KDS) tersebut, adalah salah satu upaya Pemkot Depok dalam mensejahterakan masyarakat.

“Kami membuat program ini memang sebagai kewajiban pemerintah, yang harus menyekolahkan anak-anak Indonesia terutama warga miskin yang tidak punya uang untuk sekolah”, ungkapnya.

Baca juga:  Wujudkan Produksi Migas Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan, Ini Inovasi Mahasiswa UPER

Untuk tahun 2022 ini, lanjutnya, Bantuan Sosial Beasiswa tersebut, ditujukan bagi 15.455 pelajar di Kota Depok baik tingkat SD/MI maupun SMP/MTs.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa memberikan Beasiswa kepada 15.455 siswa dari 510 sekolah yang berasal dari SD dan SMP”, tuturnya.

Imam berharap, dengan adanya pemberian Beasiswa tersebut dapat memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Depok. (Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait