website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 10:03:05 WIB

Inovasi Le Minerale: Membuat Kaus Ramah Lingkungan dari Sampah Plastik, KLHK Puji Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional yang Advanced

Jakarta | detikNews – Le Minerale melalui Gerakan Ekonomi Edaran Nasional (GESN) telah mengambil beberapa inisiatif untuk mengelola sampah plastik. Baru-baru ini, melalui GESN, Le Minerale bermitra dengan merek pakaian lokal Cosmonauts Spacewear untuk membuat kaos dari botol PET daur ulang.

Kolaborasi tersebut dilakukan oleh Le Minerale untuk memberdayakan plastik daur ulang dari botol PET. Tujuannya agar sampah plastik tidak mencemari lingkungan sekaligus menciptakan nilai ekonomi.

Inisiatif ini diapresiasi pemerintah. Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati, menyatakan dukungannya atas kerjasama Le Minerale dan Cosmonauts sebagai upaya pengurangan volume sampah dengan 2030.

Baca juga:  Tragis, Enam Korban Meninggal dalam Kecelakaan Tol Boyolali, Semuanya dari Satu Keluarga Asal Nganjuk

“Le Minerale telah mengimplementasikan GESN dengan cara yang lebih maju dengan membuktikan bahwa sampah plastik dapat digunakan kembali. Saya berterima kasih kepada Le Minerale dan Cosmonauts yang telah mengarahkan aktivitasnya ke implementasi yang lebih bermanfaat,” ujar Vivien dikutip dalam keterangannya, Selasa (11/4/2019). 2023).

Rosa mendorong produsen lain untuk mengikuti jejak Le Minerale dalam mengatasi sampah plastik. Gerakan tersebut, menurut Vivien, juga mendukung pelaksanaan peta jalan pengurangan sampah yang digagas KLHK.

“Mengingat roadmap pengurangan sampah yang telah dicanangkan oleh KLHK, saya berharap gerakan ini dapat terus berkembang dan mendorong produsen lain untuk mengurangi sampahnya, serta generasi muda untuk memilah sampahnya agar dapat dimanfaatkan kembali,” ujar Vivien.

Baca juga:  Kisah Malam Ketiga Ramadan: Ma'ruf Amin Mempererat Kehangatan dengan Santri Ponpes An Nawawi Tanara melalui Tarawih Bersama

Head of Public Relations and Digital Le Minerale, Yuna Eka Kristina mengatakan, Le Minerale secara langsung mengajak generasi muda untuk terlibat dan didorong untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dengan menggunakan barang-barang daur ulang. Kolaborasi dengan Cosmonauts Spacewear diharapkan dapat menjadi wadah edukasi pengelolaan sampah plastik guna memperpanjang siklus plastik.

“Kerja sama dengan Cosmonauts ini merupakan salah satu wujud nyata dari program Gerakan Ekonomi Edaran Nasional (GESN) Le Minerale yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun. GESN merupakan tujuan besar kami dalam misi dan komitmen menjaga kelestarian lingkungan,” jelas Yuna .

Baca juga:  Kehebohan Munculnya Babi yang Mondar-mandir di Depan Rumah Warga Depok Terekam dalam Rekaman CCTV

Kolaborasi antara Le Minerale dan Cosmonauts menghadirkan koleksi pakaian berkelanjutan berupa t-shirt yang terbuat dari 75% katun dan 25% poliester daur ulang. Kolaborasi ini juga didukung oleh PT Ocean Asia Industry sebagai produsen kain kaos dan PT Reka Inti Chatura Hasta yang berperan dalam mentransformasi kain berkelanjutan menjadi kaos berkelanjutan yang kontemporer dan inspiratif.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait