website statistics
29.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 14:50:52 WIB

Kebakaran di SMPN 3 Depok, Puntung Rokok Diduga Sebagai Penyebab

Depok | detikNews – Kebakaran hebat melanda salah satu ruangan kelas di SMPN 3 Depok. Berdasarkan dugaan sementara, kebakaran tersebut dipicu oleh puntung rokok yang tidak sengaja dibuang di salah satu ruangan, Senin malam (31/07/2023)

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Welman Naipospos, mengungkapkan bahwa laporan tentang kebakaran tersebut telah diterima sejak pukul 18.45 WIB. Untuk menghindari meluasnya api, DPKP Kota Depok segera mengirimkan sejumlah petugas ke sekolah yang terkena musibah.

Baca juga:  Disdik Kota Depok  Meriahkan Semarak Hardiknas 2024, Berikut Rangkaiannya Acaranya

“Kami sudah menurunkan anggota untuk memadamkan api,” ujar Welman.

Menurut Welman, dugaan awal mengenai penyebab kebakaran adalah puntung rokok yang ditemukan di sekitar lokasi sekolah. Hal ini didasarkan pada pemeriksaan awal yang tidak menunjukkan adanya kabel listrik yang terbakar di sekolah tersebut.

“Saat ini dugaan awal adalah dari puntung rokok, namun kita tetap harus menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut dari pihak kepolisian,” jelas Welman.

Untuk mengatasi kebakaran tersebut, DPKP Kota Depok melakukan mobilisasi anggota dan mobil pemadam dari beberapa pos, termasuk pos Cimanggis, Merdeka, dan Mako Kota Kembang. Sumber api awalnya terdeteksi berasal dari gudang sekolah yang banyak mengandung material bangku berbahan kayu.

Baca juga:  Terlibat Kecelakaan Maut di Tol Tangerang-Merak, Seorang Belita Tewas

“Kami fokus pada pemadaman di lokasi gudang karena material bangku yang terbuat dari kayu,” tambah Welman.

Walaupun kebakaran itu sempat menjalar ke salah satu ruangan kelas, namun petugas berhasil segera mengatasi api sebelum meluas. Hanya bagian plafon dan beberapa jendela di ruangan tersebut yang mengalami kerusakan akibat kebakaran.

Welman mengakui bahwa kebakaran ini telah menyebabkan kerugian, terutama pada fasilitas sekolah dan ruangan yang terkena dampak langsung. Namun, berkat respons cepat dari petugas pemadam kebakaran, kejadian tersebut tidak berbuntut lebih buruk.

Baca juga:  Perubahan Menurut Evi Hendiyat, Calon Ketua RT02/RW013, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas

Pihak berwenang masih akan menyelidiki penyebab pasti kebakaran ini setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, upaya pemulihan dan perbaikan fasilitas sekolah yang terdampak akan segera dilakukan untuk memastikan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan normal kembali. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait