website statistics
29.4 C
Indonesia
Sun, 5 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Sunday, 5 May 2024 | 13:14:57 WIB

Kebiasaan Makan dan Minum yang Harus Dihindari untuk Menghindari Perut Buncit

Depok | detikNews – Setiap orang memiliki kebiasaan makan dan minum yang berbeda-beda. Beberapa kebiasaan tersebut dapat baik untuk kesehatan, namun ada juga yang dapat berdampak buruk, terutama jika dilakukan pada malam hari. Beberapa kebiasaan makan dan minum ini ternyata dapat menimbun lemak di perut dan sebaiknya dihindari, terutama jika sedang dalam program diet.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah minum susu sebelum tidur. Banyak orang menganggap susu hangat dapat membantu tidur lebih cepat dan pulas. Meskipun susu mengandung triptofan, yang dapat membantu tubuh rileks, namun kandungan kalori di dalamnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Studi yang dilakukan oleh The Nutrition Twins menunjukkan bahwa minum susu sebelum tidur setiap malam selama 6 bulan dapat menyebabkan peningkatan berat badan sebesar 5,4 kilogram dan lemak perut yang terlihat.

Baca juga:  Manfaat Makan Biji Pepaya: Bagus untuk Pencernaan

Selain susu, minum kopi juga sebaiknya dihindari pada malam hari. Kopi mengandung kafein yang dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan mengganggu tidur. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan bahwa konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur dapat mengganggu tidur dan juga menyebabkan peningkatan berat badan. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar berlebihan dan berkontribusi pada penambahan berat badan.

Ngemil pada malam hari juga merupakan kebiasaan yang harus dihindari, terutama jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan cepat saji yang tinggi lemak. Begadang sambil menonton film favorit seringkali membuat kita ingin ngemil. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan ini terkait dengan pola makan yang buruk. Selain itu, waktu makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga harus dihindari. Makan malam terakhir sebaiknya dilakukan minimal 3 jam sebelum tidur.

Baca juga:  Inspirasi dari Napoleon III: Sejarah Margarin dan Perkembangan Margarin Sehat

Menurut The Nutrition Twins, saat tidur sistem pencernaan berhenti bekerja. Jika makanan dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur, makanan tersebut tidak dapat dicerna dengan baik dan berubah menjadi lemak perut. Penelitian juga mengungkapkan bahwa makan terlalu larut malam dapat mengacaukan ritme sirkadian tubuh, yang dapat berdampak negatif pada pengaturan gula darah dan metabolisme lemak. Selain itu, mengonsumsi makanan besar yang mendekati waktu tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas.

Baca juga:  Bahaya Konsumsi Berlebihan Mi Instan yang Mayoritas Diproduksi dengan Penggorengan

Oleh karena itu, penting untuk menghindari kebiasaan makan dan minum yang tidak sehat pada malam hari. Minum susu sebelum tidur, minum kopi, ngemil, dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan menimbun lemak di perut. Sebaiknya, pilihlah makanan yang lebih sehat dan menjaga jarak waktu makan dengan waktu tidur agar tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait