website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 19:02:44 WIB

Anggota DPR Minta PPIH Menjadikan Pelayanan Jemaah Lansia di Mekah sebagai Prioritas

Jakarta | detikiNews – Anggota Komisi VIII DPR RI, Obon Tabroni, menghadiri acara pelepasan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja (daker) Mekah di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut, ia menekankan pentingnya tugas para PPIH untuk dengan sungguh-sungguh melayani para jemaah haji dengan waktu, tenaga, dan pikiran yang mereka miliki, Minggu (28/5/2023).

Obon mengucapkan selamat kepada para petugas PPIH Daker Mekah yang telah dipercaya dan akan berangkat ke Arab Saudi. Ia menekankan bahwa kepercayaan ini harus dijaga dengan baik, karena tugas para petugas PPIH di Arab Saudi juga membawa nama baik Indonesia.

Baca juga:  Gerbong KRL dari Bogor Tergenang Air Akibat Hujan Deras Sore Tadi: Penjelasan PT KCI

Kuota haji tahun ini, yaitu tahun 1444 H/2023 M, sudah normal dengan jumlah 221.000 jemaah. Kuota tersebut terdiri dari 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Indonesia juga mendapatkan tambahan kuota 8.000 jemaah, sehingga total kuota tahun ini mencapai 29.000 jemaah.

Obon juga menyampaikan bahwa sebanyak 30% dari jumlah jemaah haji merupakan lansia. Ia meminta agar pelayanan kepada jemaah lansia menjadi prioritas utama. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya keberangkatan haji selama dua tahun sebelumnya, yaitu tahun 2020 dan 2021, serta adanya pembatasan usia jemaah pada tahun 2022.

Baca juga:  Jusuf Kalla Mendorong Pemerintah Fokus pada Pembangunan Jalan Non Berbayar

Obon mengakui adanya kendala dalam pelayanan terhadap jemaah lansia tahun ini, terutama bagi jemaah lansia yang masuk dalam daftar prioritas. Kementerian Agama RI telah memutuskan bahwa tidak akan ada pendamping bagi jemaah lansia prioritas pada tahun ini. Oleh karena itu, para PPIH diminta memberikan perhatian ekstra kepada jemaah lansia, karena mereka membutuhkan pendampingan selama berada di Arab Saudi.

Baca juga:  HNW Memastikan UU Cipta Kerja Tidak Akan Membebani Jemaah Haji dan Umrah dengan Regulasi yang Terproteksi dengan Baik

Sebagai legislator Dapil Jawa Barat VII, Obon menegaskan bahwa tugas utama petugas PPIH adalah membantu dan memberikan pelayanan kepada jemaah haji lansia. Hal ini merupakan bagian penting dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan haji tahun ini. Ia menyadari bahwa tugas ini mungkin berat, tetapi demi kelancaran dan keselamatan jemaah haji lansia, peran PPIH sangatlah penting. Kementerian Agama telah menetapkan tahun ini sebagai tahun haji “Ramah Lansia”, dan PPIH memiliki peran kunci dalam mencapai tujuan tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait