website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 27 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 27 April 2024 | 1:59:14 WIB

Kenangan Eks Pasien Selama Isolasi di RSDC Wisma Atlet: Penghargaan untuk Nakes Sebagai The Real Hero

Jakarta | detikNews – Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran resmi ditutup setelah menjadi tempat perawatan pasien COVID-19. Mantan pasien merefleksikan pengalaman isolasi mereka selama berada di sana.

Salah satu mantan pasien, Nafi’an, menceritakan pengalamannya tertular COVID-19 sebelum vaksin tersedia. Dia mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan yang memberikan perawatan yang sangat baik selama pandemi.

“Saya ingin berterima kasih kepada para perawat dan dokter yang telah memberikan perawatan yang sangat baik kepada pasien selama pandemi. Saya merasa jauh lebih baik selama isolasi dan perawatan di Wisma Atlet. Apalagi saya terjangkit COVID-19 pada tahun 2020, ketika masyarakat masih awam dengan pandemi dan vaksin belum tersedia,” kata Nafi’an saat dihubungi, Jumat (31/3/2023).

Ia mengatakan, isolasi di Wisma Atlet tidak seseram yang ia bayangkan. Pasien dapat melakukan berbagai aktivitas selama diisolasi di Wisma Atlet RSDC.

Baca juga:  Inovasi Wali Kota Cilegon Dalam Pengembangan Koperasi Mendapat Pengakuan Tingkat Nasional

“Isolasi di Wisma Atlet ternyata tidak seseram yang saya kira. Pasien bisa berolahraga, keluar masuk kamar, dan menghirup udara segar di pagi hari dengan nyaman. Jika mereka melakukan isolasi di rumah, pasien akan merasa lebih nyaman. untuk tinggal di dalam rumah dan menghindari keluar karena takut stigmatisasi,” katanya.

Nafi’an kemudian menceritakan pengalamannya yang paling berkesan: kebaikan dan kepedulian para dokter dan perawat.

“Tak terlupakan. Makanan yang disediakan bergizi, bahkan kami bisa pesan makanan via online delivery. Saat saya minta izin untuk memesan makanan, dokter menjawab, ‘ya, asalkan kamu bahagia. Asalkan semua orang senang. senang, tidak apa-apa. Berhati-hatilah untuk tidak makan sesuatu yang aneh.’ Penekanan pada kebahagiaan itulah yang membuat saya terkesan,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Lari Pagi di GBK Netizen Nyinyir: Di Jateng Jalannya Banyak yang Berlubang ya Ndoro?

Mantan pasien lainnya, Elza, mengenang kebersamaan antara pasien dan petugas kesehatan di Wisma Atlet. Orang yang tertular COVID-19 berbagi pengalaman yang sama satu sama lain.

“Ketika saya dan keluarga berada di Wisma Atlet, saat itu adalah masa varian baru COVID-19 alpha. Saat itu, tertular COVID-19 masih dianggap sebagai hal yang memalukan. Namun, selama kami berada di sana, kami merasa rasa keakraban dengan pasien lain. Kami berolahraga dan melakukan berbagai kegiatan bersama. Rasa kebersamaan membuat kami lebih mudah menjalani masa isolasi, meski berat berpisah dengan anak-anak kami,” kata Elza.

Dia percaya bahwa para petugas kesehatan di Wisma Atlet memberikan perawatan dengan dedikasi sepenuh hati. Dia menganggap mereka sebagai pahlawan sejati.

Baca juga:  Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim Tidak Akan Mengurangi Tantangan Jakarta Menurut Foke

“Para petugas kesehatan luar biasa. Mereka adalah pahlawan yang sebenarnya. Ketika kami masih belum tahu apa-apa tentang COVID-19, mereka berdiri untuk melayani meskipun ada risiko. Mereka benar-benar peduli pada kami,” katanya.

Sebelumnya, RSDC Wisma Atlet Kemayoran dikabarkan resmi berhenti beroperasi, dan 16.000 relawan dipulangkan dari tugasnya hari ini.

“Perpanjangan ini berakhir hari ini, 31 Maret 2023. Alhamdulillah, kita telah mencapai akhir perjuangan untuk merawat pasien COVID-19,” kata Koordinator RSDC dr Guntoro dalam sambutannya di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat ( 31/3).

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan atas kontribusinya. Semoga usahanya dicatat sebagai amal kebaikan dan ibadah di mata Tuhan,” lanjutnya.

Pelepasan relawan ditandai dengan penyerahan KTP dan penyerahan sertifikat penghargaan secara simbolis.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait