website statistics
28.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 11:34:04 WIB

Keputusan Jokowi Segera Cabut Status Pandemi COVID-19

Jakarta | detikNews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencabut status pandemi COVID-19 di Indonesia. Rencana pencabutan status pandemi ini merupakan tindak lanjut dari keputusan Organisasi Kesehatan Dunia untuk mengakhiri status darurat COVID-19.

Perlu diketahui, status pandemi hanya bisa dicabut setelah berkoordinasi dengan WHO. Koordinasi ini sudah dilakukan pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Namun, Presiden Jokowi akan segera mencabut status pandemi,” kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2023).

Baca juga:  Menyongsong Masa Transisi Endemi: Protokol Kesehatan Terbaru untuk Menghadapi Covid-19

Meski demikian, Muhadjir tidak merinci kapan Jokowi akan mengumumkan pencabutan status pandemi COVID-19.

“Kita harus menunggu pengumumannya. Itu kewenangan Presiden, bukan kewenangan saya,” ujarnya.

Dengan dicabutnya status pandemi, Muhadjir mengatakan, Satuan Tugas Percepatan Penanganan (Satgas) COVID-19 juga akan dibubarkan. “Satgas otomatis dibubarkan,” kata Muhadjir.

Lebih lanjut Muhadjir menyebutkan, vaksinasi COVID-19 akan dialihkan untuk penyediaan vaksin penyakit menular lainnya. Ia menjelaskan, layanan ini juga akan tergabung dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (BPJS Kesehatan).

Baca juga:  Roy Pangharapan: Gubernur Jawa Barat Segera Intervensi Kepsek SMAN Depok

“Vaksin akan diberikan pada waktu tertentu, yang pada akhirnya akan dialihkan ke layanan kesehatan biasa untuk penyakit menular biasa, dan akan dimasukkan dalam Jaminan Kesehatan Nasional bagi mereka yang tidak mampu. Pemerintah akan menanggung preminya ,” jelasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengungkapkan hasil pertemuan dengan WHO bulan lalu terkait status pandemi. Menurut Budi, WHO telah mempercayakan keputusan status pandemi kepada Indonesia.

Baca juga:  Kacabdis SMAN/SMKN Bantah Adanya Tudingan Pungli Kegiatan Rakor di Hotel Antariksa Kisaran

“Kami menginformasikan kemajuan kami di keempat bidang, dan mereka tampak senang dan menyerahkan pengambilan keputusan kepada Indonesia,” kata Budi. “Makanya saya update ke Presiden Jokowi agar dia bisa mengambil keputusan. Dia sudah mengambil keputusan, tapi pengumumannya terserah dia,” imbuhnya.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait