website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 8:19:10 WIB

Kota Bandung Catat Lonjakan Kunjungan Wisatawan Selama Libur Lebaran 2023

Bandung | detikNews – Kota Bandung, sebuah kota yang terletak di Jawa Barat, telah menjadi tujuan wisata populer selama bertahun-tahun. Dan pada libur Lebaran 2023, kunjungan ke berbagai objek wisata di Kota Bandung meningkat drastis. Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, sebanyak 44.915 wisatawan telah mengunjungi kota ini selama periode libur lebaran.

Sekretaris Disbudpar, Nuzrul Irwan, mengungkapkan bahwa peningkatan jumlah wisatawan di Kota Bandung terjadi karena adanya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Tahun ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang masih terkena Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga:  Tangerang Berlakukan Aturan Baru, Buang Sampah Sembarangan Berpotensi Didenda Rp. 50 Juta

“Para wisatawan banyak mengunjungi beberapa objek wisata seperti Taman Kiara Arta hingga Taman Lalu Lintas,” kata Irwan, Rabu (03/05/2023)

Kiara Arta Park merupakan destinasi wisata favorit di Kota Bandung dengan total kunjungan mencapai 18.188 wisatawan, disusul oleh Taman Lalu Lintas dengan total kunjungan mencapai 14.830 wisatawan. Sementara itu, Karang Setra Waterland dikunjungi 8.911 wisatawan, Trans Studio Bandung (2.180 wisatawan) dan Saung Angklung Udjo (806 wisatawan).

Baca juga:  Wisata Literasi : Menelusuri 5 Perpustakaan Terbaik di Kota Bandung

Untuk menarik wisatawan, Disbudpar Kota Bandung telah meluncurkan Bandung Calendar of Event (COE) 2023. Pada COE 2023, Kota Bandung menggelar 78 acara pendukung dan 10 acara top event. Acara-acara tersebut sebagai wajah sektor pariwisata Bandung yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Menurut Irwan, pada saat pandemi Covid-19, kunjungan wisata sempat menurun di Kota Bandung. Namun, saat ini dengan berbagai acara yang digelar dapat menarik banyak wisatawan.

Baca juga:  Ega Kusuma Winahyu, Korban Penganiayaan Warga Negara Prancis, Mengalami Lebam Setelah Mengalami Pukulan Berulang

“Ada berbagai event yang bisa menjadi destinasi wisata di Kota Bandung. Mudah-mudahan bisa menarik wisatawan ke Kota Bandung seperti sebelum pandemi Covid-19,” harapnya. (Fq)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait