website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 17:35:41 WIB

Kota Depok Meraih Penghargaan Prestisius atas Keberhasilan Proyek Pilot Dashboard E-Monev KTR

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menerima penghargaan Daerah Pilot Project Dashboard E-Monev KTR dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah berhasil menerapkan pengawasan implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) menggunakan E-Monev KTR.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Mary Liziawati, menyatakan kegembiraannya dengan mengatakan, “Alhamdulillah, Kota Depok menjadi salah satu dari enam pilot project pemanfaatan Dashboard KTR, yaitu platform berbasis web online yang terkait dengan aplikasi seluler untuk digunakan oleh pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kota/kabupaten untuk memantau pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok,” ujar Mary, Jumat (09/06/23).

Baca juga:  Lemhannas Kaji Daerah Otonom Baru di Papua untuk Perdamaian dan Kesejahteraan

Mary juga menjelaskan bahwa ada empat instrumen pengembangan dashboard KTR, yaitu regulasi KTR, pengawasan KTR, penegakan KTR, dan kepatuhan KTR. Pemerintah Kota Depok telah melakukan berbagai upaya, seperti sosialisasi pemanfaatan dashboard KTR ke seluruh wilayah di Kota Depok.

Selain itu, mereka juga memasifkan pembinaan KTR di wilayah dan menerapkan kepatuhan serta pemenuhan unsur-unsur lain yang dapat meningkatkan peringkat dashboard, seperti regulasi dan faktor lainnya.

Baca juga:  Warga Apresiasi Pemasangan PJL di Tapos Depok

Mary menambahkan bahwa saat ini, menurut data pada dashboard KTR per Jumat (06/05), Kota Depok menempati peringkat kedua dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan hasil penilaian sebesar 0,81.

Dengan adanya dashboard KTR, harapannya adalah implementasi KTR di Kota Depok dapat terus meningkat seiring dengan peningkatan angka kepatuhan. Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus memperbaiki dan memantau pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok demi mewujudkan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakatnya. (Roni)

Baca juga:  Jadwal Imsak Jakarta Hari Ini pada Sabtu 15 April 2023: Waktu Subuh dan Jadwal Buka Puasa untuk Ramadan 2023 Menurut Bimas Islam Kemenag

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait