website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 14:49:34 WIB

Kunjungan Investor Jepang ke IKN: Rachmat Gobel Ungkap Keseriusan untuk Berinvestasi

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, baru-baru ini mengungkapkan bahwa investor Jepang sangat berminat berinvestasi dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Tingkat keseriusan ini dikaitkan dengan persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

Gobel membagikan kabar ini setelah menjamu rombongan pengusaha Jepang yang mengunjunginya di rumah dinasnya di Jl. Denpasar, Jakarta, pada Minggu, 2 April. Menurutnya, ini merupakan realisasi pertemuan mereka sebelumnya di Tokyo, Jepang.

Lebih lanjut dia menambahkan, investor Jepang sudah hadir sejak Sabtu, 1 April lalu. Delegasi Jepang juga mengunjungi lokasi pembangunan IKN di Point Zero di Penajam, Paser Utara, Kaltim. Selain itu, mereka juga mengunjungi proyek Bendungan Sepaku-Semoi yang akan memasok air ke IKN. Mereka juga berkeliling proyek pembangunan Istana Kepresidenan dan perumahan pekerja konstruksi.

Baca juga:  Dukung Penuh Kaesang Pangarep Menuju Depok Pertama, TAR Jokowi Kota Depok Siap Benahi Permasalahan Akut di Kota Depok 

Gobel mengatakan, keikutsertaan Jepang dalam proyek pengembangan IKN menunjukkan keseriusan dan komitmen negara untuk berinvestasi di Indonesia. Ini juga merupakan cerminan dari kepercayaan dan persahabatan antara kedua negara.

Ia menambahkan, konsep pengembangan IKN menitikberatkan pada kelestarian lingkungan dan prinsip smart city. Menurutnya, Jepang sangat cocok untuk berpartisipasi dalam pengembangan proyek IKN karena pengalamannya dalam membangun kota yang ramah lingkungan dan berteknologi maju.

“Jepang memiliki pengalaman dalam membangun kota-kota hijau ramah lingkungan yang memanfaatkan teknologi canggih. Oleh karena itu, Jepang merupakan mitra yang sangat baik bagi Indonesia dalam pengembangan IKN,” ujarnya.

Baca juga:  Proyek Strategis Nasional, Konstruksi LRT Jakarta Fase 1B Dimulai Juni 2023

Gobel juga mencontohkan, pengembangan IKN tidak hanya membantu meringankan beban ekonomi dan sosial yang dihadapi Jakarta dan kota-kota lain di Jawa, tetapi juga mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia Timur. Lebih lanjut, konsep proyek IKN ini akan menjadi percontohan bagi kota-kota lain di Indonesia, khususnya terkait konsep eco-friendly dan smart city.

Ia berharap masyarakat tidak hanya fokus pada pertimbangan politik dalam menilai pembangunan dan relokasi proyek IKN. Sebaliknya, mereka harus mempertimbangkan implikasi sosial, ekonomi, dan strategis lainnya bagi masa depan Indonesia. Proyek IKN akan menjadi warisan berharga bagi generasi muda Indonesia, memberikan mereka pandangan yang positif dan progresif untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Baca juga:  Mabes Polri Pantau Penanganan Kasus Anak AKBP Achiruddin yang Melakukan Penganiayaan terhadap Mahasiswa di Sumatera Utara

Perlu diketahui, dalam kunjungan ke IKN tersebut, para investor Jepang tersebut didampingi oleh Danis Sumadilaga, Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR; Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat; Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN; Silvia Halim, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN; dan Alimuddin, Deputi Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat di Otorita IKN.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait