website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 8:39:09 WIB

Maknai Hari Kesaktian Pancasila Warga Mekarjaya Depok Buat Program Pilah Sampah

Depok | detikNews – Seiring dengan perayaan Hari Kesaktian Pancasila yang di peringati setiap 01 Oktober, warga RW.07 dengan gembira memulai Program Pilah Sampah sebagai aktivitas rutin di akhir pekan.

Langkah pertama yang diambil adalah memilah sampah di rumah, memulai kebiasaan baru yang menarik dan bermanfaat. Sampah basah dan mudah basi memiliki wadah khusus, membuat rumah tidak hanya lebih bersih tetapi juga lebih wangi. Dengan udara rumah yang lebih segar, kesehatan keluarga semakin terjamin. Demikian di katakan Ketua RW 07 Kelurahan Mekarjaya, Saharwadi, Minggu (01/10/2023)

Baca juga:  Karutan Kelas 1 Depok Berikan Remisi Hari Raya, Berikut Jumlahnya

“Inisiatif ini tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rumah tangga tetapi juga untuk lingkungan sekitar. Dengan adanya petugas khusus di tingkat RT, masyarakat dapat berbagi pengalaman dalam memilah sampah dan bahkan dapat mengajukan pupuk kompos secara gratis dan Pupuk kompos ini sangat cocok untuk menyuburkan tanaman di halaman rumah masing-masing,” ujarnya.

Baca juga:  Versi Generasi Z Soal Kaesang dan SS

lebih detail dikatakannya, salah satu aspek penting dari program ini adalah penanganan sampah plastik. Sampah plastik yang memiliki nilai ekonomi dapat disimpan di Bank Sampah. Warga dapat mencari bank sampah yang menawarkan harga yang baik untuk menjual sampah plastik mereka.

“Khusus di RW.07 ada Bank Sampah Seruni yang diketuai oleh ibu Epi,” ujar Saharwadi yang akrab di sapa Codel.

Baca juga:  Kesenjangan Kebijakan Moneter Kanada dan Jepang, Berpotensi Mendorong Pasangan Mata Uang CADJPY Melanjutkan Tren Kenaikan

“Wadah merah maroon berukuran 80 liter, dengan alokasi 2 unit untuk setiap RT, dan ini  bantuan dari Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Bang Rizki Apriwijaya untuk memberikan dukungan yang nyata bagi keberhasilan Program Pilah Sampah ini,” tambah Codel.

Melalui semangat, kesehatan, dan kebahagiaan bersama, RW.07 berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan Program Pilah Sampah tersebut. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait