website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 13:58:25 WIB

Memperkuat Layanan Baca di Kota Depok, Kadiskarpus Ungkapkan Ini

Depok | detikNews – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Utang Wardaya, mengungkapkan bahwa menurut standar nasional, kebutuhan buku perpustakaan mencapai angka 8 juta, sedangkan koleksi buku yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok baru mencapai 5 juta koleksi buku.

“Dalam standar buku umum, 1 buku dicari untuk 20 orang, namun pada koleksi kami, rasionya adalah 1 banding 90. Oleh karena itu, perlu penambahan koleksi buku,” ujar Utang, Rabu (20/03/2024).

Baca juga:  Sukses Implementasi PJL 7 Titik di Jatijajar

Utang menjelaskan bahwa setiap tahun, perpustakaan Kota Depok menambah koleksi buku sekitar 3400 buku. Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan, perpustakaan juga dilengkapi dengan 4 armada perpustakaan keliling.

“Dengan penambahan koleksi dan keberadaan perpustakaan keliling, kami berusaha memenuhi kebutuhan bacaan masyarakat. Alhamdulillah, minat pembaca semakin meningkat, seperti yang terlihat hingga minggu ketiga bulan Maret ini, tercatat sudah 2930 pengunjung,” ungkapnya.

Baca juga:  UII Mendesak Keterbukaan dalam Sistem Pemilu 2024 untuk Menjaga Demokrasi

Utang juga menyampaikan bahwa selama bulan Ramadan, perpustakaan tetap buka seperti biasa hanya waktu tutupnya saja yang berbeda.

“Selama Bulan Ramadan, perpustakaan akan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB setiap Senin sampai Minggu. Sedangkan pada Hari Jumat, buka mulai pukul 08.00 hingga 14.30 WIB,” jelas Utang.

“Untuk hari libur dan cuti bersama, Perpustakaan akan tutup. Kami juga memiliki layanan online melalui e-perpus dan permintaan perpustakaan keliling di hari Sabtu dan Minggu untuk anak-anak menjelang berbuka puasa,” tambahnya.

Baca juga:  DPUPR Kota Depok Turunkan Satgas untuk Perbaiki Jalan Amblas di Pancoran Mas

Lebih lanjut, Utang mengajak masyarakat Kota Depok untuk menjadikan Perpustakaan Umum sebagai destinasi menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit. Sebab, terdapat banyak buku yang bisa dibaca oleh warga.

“Semoga masyarakat dapat memanfaatkan Perpustakaan Umum selama Ramadan untuk melakukan kegiatan positif dan menambah nilai ibadah,” pungkasnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait