website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 13:47:11 WIB

Menkominfo Budi Arie Setiadi Memastikan BTS di Desa Buwun Mas, Lombok, Berfungsi Sebelum 17 Agustus

Jakarta | detikNews – Menkominfo Budi Arie Setiadi meninjau langsung lokasi pembangunan tower base transceiver station (BTS) 4G di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia bertujuan agar BTS tersebut dapat beroperasi sebelum hari kemerdekaan.

“Dengan tower yang sudah berdiri dan siap berfungsi, kami hanya perlu menyelesaikan beberapa hal, terutama perjanjian dengan operator seluler. Dan kami berkomitmen agar sebelum 17 Agustus, BTS ini sudah dapat digunakan untuk melayani masyarakat,” ujar Budi Arie melalui keterangan tertulis pada Rabu (26/7/2023).

Budi Arie menjelaskan bahwa pemerintah sedang berupaya membangun infrastruktur digital untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di pedesaan. BTS 4G ini juga akan berkontribusi dalam meningkatkan layanan publik pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga:  GP Ansor dan Kajati Menegaskan Tidak Ada Tawaran Damai untuk David pada Jumpa Pers Bareng

“Tujuan utama dari pembangunan BTS adalah untuk meningkatkan akses internet di fasilitas publik di seluruh Indonesia. Kami berharap bahwa ke depannya, akses internet di Indonesia akan semakin cepat dan terjangkau, terutama bagi daerah-daerah yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam mendapatkan layanan internet,” tambahnya.

Budi Arie juga menekankan bahwa pembangunan BTS merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. Dengan akses internet yang lebih baik, sektor layanan pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan dapat mengalami peningkatan signifikan.

“BTS ini memiliki jangkauan sinyal hingga 5 Km. Harapannya, sinyal ini akan digunakan untuk komunikasi, dan pada saatnya nanti, kapasitasnya akan ditingkatkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Kami berkomitmen untuk menyediakan sinyal di seluruh daerah 3T. Akses digital sangat penting karena masa depan semuanya akan menuju ke arah digital, termasuk kesehatan dan pendidikan,” paparnya.

Baca juga:  Penambahan Armada TransJakarta di Tebet Picu Aksi Demo Sopir Mikrolet, TransJakarta Beri Penjelasan

Budi Arie menyatakan bahwa akses internet di desa-desa juga perlu diperhatikan. Dia menegaskan bahwa masyarakat di daerah terdepan, tertinggal, dan terpencil berhak mendapatkan layanan yang setara dengan masyarakat perkotaan.

“Oleh karena itu, kami menegaskan bahwa seluruh BTS dan akses digitalisasi harus mencakup seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Saya sudah menyampaikan kepada Pak Presiden bahwa di kota-kota masalah sinyal sudah hampir tidak ada, tetapi yang perlu mendapatkan perhatian adalah desa-desa,” tandasnya.

Baca juga:  Siap Sambut Pemilu 2024, RW 07 Mekarjaya Lakukan Simulasi

Budi Arie berkomitmen untuk menyelesaikan proyek pembangunan BTS 4G dengan cepat. Dia juga menyampaikan informasi mengenai 1.200 puskesmas yang masih belum memiliki akses internet, termasuk di wilayah NTB.

Kunjungan Menkominfo Budi Arie Setiadi ke NTB disambut oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah, jajaran Forkomipda Provinsi NTB, dan Tetua Adat Desa Golo Loni. Selama kunjungan, Budi Arie berdiskusi dengan pegiat wisata, tenaga pendidik, serta warga lokal tentang pemanfaatan internet untuk kegiatan produktif masyarakat.

Dalam perjalanan ke NTB, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, serta Pelaksana Tugas Direktur Utama BAKTI Kominfo, Arief Tri Hardiyanto.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait