website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 7:32:28 WIB

Optimisme Puskesmas Jatijajar Meraih Akreditasi Paripurna Tahun 2023

Depok | detikNews – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Jatijajar dalam semangat yang optimistis tengah berupaya untuk meraih akreditasi Paripurna dalam tahun ini. Proses akreditasi yang tengah berlangsung merupakan yang pertama kalinya dialami oleh Puskesmas Jatijajar.

Rizki Andriani, yang menjabat sebagai Kepala UPTD Puskesmas Jatijajar, menjelaskan bahwa tahapan akreditasi terbagi menjadi dua bagian, yakni daring dan luring.

Tahap daring telah berhasil dilalui pada tanggal 28 Agustus yang lalu. Sedangkan pada tanggal 30 dan 31 Agustus, Puskesmas Jatijajar menerima kunjungan langsung dari tim surveyor.

Baca juga:  RKB SDN Pondokcina 5 Siap Digunakan

“Selama tahap daring, saya memaparkan secara rinci profil puskesmas, program-program yang telah dijalankan, serta inovasi yang telah diterapkan di Puskesmas Jatijajar. Pada hari ini dan besok, tim surveyor akan melakukan kunjungan langsung ke Puskesmas dan posyandu,” ungkap Rizki Andriani, Rabu (30/08/23).

Dokter Rizki, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan terbaru, terdapat lima poin instrumen akreditasi yang harus dipatuhi oleh setiap puskesmas. Kelima poin tersebut meliputi Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), program prioritas nasional, dan yang terakhir terkait dengan mutu pelayanan.

Baca juga:  Puluhan Calon Barista Menjalani Program Magang di Empat Coffee Shop yang Berbeda

“Pada hari ini, tim surveyor telah dibagi menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok menuju Posyandu Kasih Ibu RW 08 guna mengevaluasi manajemen puskesmas dan program UKM,” tutur Rizki.

“Sedangkan surveyor lainnya berada di Puskesmas untuk mengevaluasi aspek UKP atau layanan yang disediakan di dalam gedung, termasuk pelayanan klinis dan mutu pelayanan,” tambahnya.

Baca juga:  RSUD Kiwari Bandung Mengadakan Program Operasi Katarak Gratis untuk 105 Pasien yang Membutuhkan

Rizki Andriani yakin bahwa Puskesmas Jatijajar mampu meraih predikat Paripurna dalam akreditasi tahun 2023. Ia menyatakan bahwa semua instrumen akreditasi telah dipersiapkan secara matang.

“Segala hal yang dievaluasi pada tahap daring juga telah kami perbaiki. Oleh karena itu, kami memiliki keyakinan bahwa Puskesmas Jatijajar layak mendapatkan predikat Paripurna pada akreditasi tahun ini,” tutup Rizki dengan penuh optimisme. (roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait