website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 6:40:01 WIB

Pemkot Bogor Jadi Tuan Rumah Studi Banding Gabungan Organisasi Wanita dari Kabupaten Manokwari

Bogor | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan sukacitanya menerima kunjungan Studi Banding dan Peningkatan Keterampilan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Manokwari pada tanggal 1 Agustus 2023. Kunjungan ini diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, yaitu Syarifah Sofiah, di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor.

Kehadiran peserta Studi Banding ini disambut dengan hangat oleh Asisten Umum Setda Kota Bogor, Rakhmawati, dan Sekda Syarifah. Delegasi dari Kabupaten Manokwari dipimpin oleh Ketua Umum GOW, Since Budoyo, dan Ketua Tim Rombongan Studi Banding, Amelia Swabra.

Acara Penerimaan Studi Banding ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perindustrian dan Perdagangan (DinKUKM Dagin) Kota Bogor, serta Ketua GOW Kota Bogor, Ning Taufik.

Baca juga:  UEA Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara Namun Perlu Keyakinan yang Kuat

Amelia Swabra, selaku Ketua Tim Rombongan Studi Banding sekaligus mewakili Ketua GOW Kabupaten Manokwari, menjelaskan bahwa studi banding ini diadakan dalam konteks pengembangan sumber daya manusia, koperasi, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjadi prioritas di Pemerintah Kabupaten Manokwari. Peserta studi banding terdiri dari pedagang kecil, pelaku UMKM, dan berbagai organisasi masyarakat, termasuk GOW yang mewakili 25 organisasi.

Amelia mengungkapkan, “UMKM merupakan wahana bagi masyarakat pelaku usaha untuk mengembangkan kualitas manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif serta dapat menumbuhkan jiwa manusia yang merupakan modal dasar menjalankan usaha. UMKM ini dinilai mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi kehidupan ekonomi daerah.”

Studi banding ini bertujuan untuk belajar dan mengadopsi berbagai keberhasilan dan prestasi yang telah diraih oleh Pemkot Bogor dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM. Kota Bogor terbukti berhasil mencapai banyak prestasi dalam hal ini.

Baca juga:  Polisi Dalami Tindakan Vandalisme di Tembok Gerbang DPR Selama Demonstrasi Mahasiswa Menolak UU Ciptaker

Sekda Syarifah memaparkan informasi tentang Kota Bogor, termasuk profilnya dan berbagai kegiatan yang ada di kota tersebut. Kota Bogor memiliki luas wilayah 11.850 Ha dan jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa, dengan enam kecamatan dan 68 kelurahan. Meskipun memiliki luas terbatas, Kota Bogor memiliki jumlah penduduk yang cukup besar karena dekat dengan Jakarta, yang merupakan pusat ekonomi dan aktivitas.

Syarifah menjelaskan bahwa pendapatan daerah Kota Bogor berasal dari sektor perdagangan dan jasa karena minimnya lahan pertanian dan industri besar di wilayah tersebut. Oleh karena itu, Pemkot Bogor fokus pada penguatan ekonomi kreatif, peningkatan UMKM, dan pengembangan sektor pariwisata untuk membantu menekan angka pengangguran.

Baca juga:  Copot Jabatan Panwascam Pancoran Mas, Ketua Bawaslu Berharap Kejadian Yang Sama Tak Terulang Dikemudian Hari

Untuk meningkatkan UMKM, Pemkot Bogor melakukan kurasi dan pembinaan pelatihan sesuai dengan kemampuan dan tujuan masing-masing UMKM. Kota Bogor juga memberikan dukungan pemasaran dengan membuat galeri di mal maupun Dekranasda, mengadakan pameran di berbagai tingkatan, dan mendorong penggunaan produk lokal melalui regulasi.

Selain itu, baru-baru ini pada Hari Jadi Bogor tanggal 3 Juni, Pemkot meluncurkan maskot Kota Bogor bernama Rubo (Rusa Bogor) yang diproduksi oleh UMKM Kota Bogor. Pemkot juga mensosialisasikan maskot ini melalui berbagai kegiatan, seperti fashion show di setiap kelurahan.

Dalam kunjungan Studi Banding ini, juga diperkenalkan produk-produk UMKM dari Kabupaten Manokwari, serta penampilan tarian dari para peserta studi banding. (DH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait