website statistics
22.4 C
Indonesia
Mon, 6 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Monday, 6 May 2024 | 3:28:56 WIB

Peran Signifikan Sukarno dalam Hubungan Uzbekistan-Indonesia: Wakil Presiden Ma’ruf Amin Berbagi Cerita tentang Makam Imam Bukhari

Jakarta | detikNews – Wakil Presiden Ma’ruf Amin sempat menyinggung peran Presiden pertama Indonesia, Sukarno, dalam eratnya hubungan Indonesia dan Uzbekistan. Ia menyatakan bahwa Sukarno lah yang pertama kali meyakinkan Uzbekistan untuk mencari makam Imam Bukhari di Samarkand.

Ma’ruf membagikan cerita ini usai mengunjungi Mausoleum Bukhari di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Ma’ruf menjelaskan, saat itu Uzbekistan masih berada di bawah kepemimpinan Uni Soviet yang dipimpin oleh Nikita Khrushchev.

Baca juga:  Berkunjung ke Cianjur Rendhika Berikan Bantuan Terhadap Korban Gempa

Ma’ruf mengungkapkan, Sukarno mengetahui keberadaan makam Imam Bukhari di Uzbekistan. Menurut Ma’ruf, Sukarno menyusun strategi untuk menghadiri undangan tersebut jika pemimpin Soviet bisa menemukan makam Imam Bukhari.

“Waktu itu makam ini belum dikenal, belum ditemukan. Tapi Bung Karno (Sukarno) menyadarkan pemerintah Uzbekistan bahwa ada tokoh penting di sini, Imam Bukhari,” kata Ma’ruf.

Baca juga:  Pertemuan Wapres Ma'ruf dengan Dubes Saudi Faisal Abdullah Bahas Pelayanan Haji dan Kerja Sama Produk Halal

Lebih lanjut Ma’ruf menjelaskan, Sukarno mengancam tidak akan kembali ke Uzbekistan jika makam Imam Bukhari tidak ditemukan dan dibangun di negara tersebut.

“Oleh karena itu, Bung Karno mengatakan, ‘Saya tidak akan datang ke sini jika makam Imam Bukhari tidak dibangun,'” imbuhnya.

Sejalan dengan catatan tersebut, Ma’ruf mengusulkan kepada pemerintah Uzbekistan untuk membangun sebuah perpustakaan untuk mengenang Presiden Pertama Indonesia, yang diberi nama ‘Perpustakaan Peringatan Soekarno’.

Baca juga:  Razali Abu : Pj Bupati Aceh Utara Terkesan Hanya Transit Di Aceh Utara

“Saat ini kami sedang mengusulkan agar dibangun perpustakaan memorial Bung Karno di lokasi ini, karena ada kaitannya dengan Bung Karno, Perpustakaan Memorial Soekarno,” terangnya.

“Perpustakaan itu akan dipersembahkan untuk Bung Karno, untuk mengenang Bung Karno yang menemukan tempat ini, makam Imam Bukhari,” lanjutnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait