website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 2:22:25 WIB

Perayaan Milad Forum Betawi Rempug Yang ke- 22 di Pantai Festival Ancol Jakarta Utara

Jakarta | detikNews – Forum Betawi Rempug atau yang dikenal dengan FBR salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) besar warga Betawi , merayakan Hari Ulang Tahun (Milad) yang ke 22 di Taman Impian Jaya Ancol tepatnya di lokasi Pantai Festival Ancol Jakarta Utara pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023.

Acara yang dimulai pagi hingga siang hari di ikuti oleh Ribuan massa FBR se-Jabodetabek , juga di hadiri langsung oleh Imam besar FBR Kyai Lutfi Hakim dan petinggi Pemerintah Daerah Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Budaya dan Pariwisata Marullah Matali yang mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Ormas Betawi yang mempunyai slogan khas “ BETAWI REMPUG , FBR HIDUP , YANG KURANG AJAR HAJAR , JABODETABEK REBUT “, pada puncak Acara Milad tahun ini mengusung tema “Merawat Tradisi dan Kebhinekaan , Membangun Semangat Kebangsaan”.

Baca juga:  Riset Terbaru LSI: Kepercayaan Publik pada Kejaksaan Agung Meningkat, Kepolisian Semakin Diandalkan

Pada sambutannya Imam Besar FBR (Ketum FBR) menjelaskan arti penting merawat kebhinekaan dalam semangat membangun bangsa “ saya memastikan FBR akan selalu menjaga tradisi dan merawat kebhinekaan di Jakarta dalam membangun semangat Kebangsaan , karena tradisi bukan hanya dirawat tetapi juga harus dijaga disamping juga harus ditumbuh kembangkan , sebab kalau adat budaya Betawi bukan kita yang jaga , siapa lagi yang harus menjaganya , untuk itu kita harus jaga dan rawat karena kearifan lokal kita luar biasa “ tutur Lutfi Hakim.

Organisasi Masyarakat Betawi (FBR) yang didirikan pada tanggal 29 JULI 2001 oleh almarhum Kyai Fadholi El Muhir diPondok Pesantren Yatim Zidatul Mubta’din Cakung Jakarta timur , yang melatar belakangi lahirnya FBR adalah berangkat dari suatu keprihatinan terhadap nasib dan masa depan masyarakat Betawi yang secara struktural (Sosial) dan kultural (Budaya) menjadi terasing dan terpinggirkan di kampung halaman sendiri. Para pendiri FBR merasa dampak pembangunan di Jakarta tidak mengena kepada masyarakat Betawi secara signifikan , makanya Ormas FBR ini melalui program-programnya berusaha ingin membawa perubahan ke arah yang lebih baik , berdaya guna dan bermartabat , sehingga kedepan masyarakat Betawi bisa menjadi tuan rumah di kampung nya sendiri melalui kompetisi secara profesional dan proporsional.

Baca juga:  Pencurian Mobil dengan Kabel USB Marak pada Kendaraan Hyundai dan Kia

Dalam paparan yang lain Imam Besar FBR menegaskan “ perubahan memang tidak bisa ditolak tetapi tradisi adalah nilai yang harus dirawat , dijaga bahkan harus dilestarikan , karenanya saya menyerukan kepada semua anggota FBR agar terus menjaga tradisi sesuai dengan dinamika yang terjadi “ ujarnya.

Pada sambutan lain Marullah Matali Deputi Bidang Budaya dan Parawisata yang mewakili Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menyampaikan selamat Milad FBR , saya mengucapkan selamat ulang tahun FBR yang ke -22 kepada segenap jajaran FBR mudah-mudahan ini dapat terus dijaga sebaik-baiknya , bahkan kedepan kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta , FBR dan Wisata Ancol akan memberikan dampak bagi semua pihak “ ungkap Marullah Matali.

Baca juga:  Abdul Mutholib, Camat Tapos, Mengunjungi Pawai Tarhib Ramadhan dan Meninjau Rumah Baca Hana

Milad FBR yang ke -22 pada hari Sabtu 29 Juli 2023 ini merupakan puncak dari rangkaian acara-acara lainnya yang sudah dilaksanakan termasuk acara istighosah pada Jum’at malam , kegiatan yang berlangsung meriah dengan berbagai pentas panggung juga di isi dengan do’a bersama lintas agama untuk Pemilu damai. (Sugeng P)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait