website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 15:13:23 WIB

Pencurian Mobil dengan Kabel USB Marak pada Kendaraan Hyundai dan Kia

Jakarta | detikNews – Video yang menunjukkan aksi para pencuri mobil dengan menggunakan kabel USB untuk menyalakan mesin kendaraan dari pabrikan Hyundai dan Kia, tengah beredar di platform media sosial, TikTok. Video tersebut juga menampilkan keadaan mobil korban dari aksi pencurian tersebut.

Dalam video tersebut dijelaskan bahwa para pencuri hanya membutuhkan waktu sekitar 20-30 detik untuk menggasak sebuah mobil. Mereka membongkar penutup kolom setir bagian bawah mobil dan membongkar slot kunci. Setelah berhasil membongkar slot kunci, para pencuri menggunakan USB untuk memutar kunci kontak dan menyalakan kendaraan.

Baca juga:  Proses Konsolidasi KPP Tanpa Aksi Panggung: Anies Baswedan Prioritaskan Diskusi Substansi dan Hasil Konkret Tanpa Spekulasi dan Foto-Foto

Para pencuri ini diduga mengincar mobil dari pabrikan Hyundai dan Kia yang belum dilengkapi dengan sistem anti-theft dan khususnya menargetkan kendaraan yang memiliki slot kunci fisik saja, karena model mobil yang menggunakan tombol engine start stop tidak dapat dibobol dengan mudah.

Kasus percobaan pencurian ini semakin marak sehingga Departemen Kepolisian New York (NYPD) melalui akun resmi Twitter @NYPDnews memberikan tips untuk meningkatkan keamanan mobil, di antaranya selalu matikan starter mobil dan lepas kunci, tutup semua jendela dan kunci semua pintu, aktifkan sistem alarm kendaraan, parkir di wilayah yang bisa terus dipantau, gunakan kunci pengaman setir mobil, dan pasang perangkat kill switch.

Baca juga:  Walikota Tanggerang dan Warga Pawai Ta'aruf: Bergandengan Tangan Menyambut Ramadhan

Kepolisian Amerika Serikat juga sudah mendesak produsen mobil asal Korea Selatan tersebut untuk segera mencari cara untuk memperbaiki permasalahan ini. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik kendaraan dari pabrikan Hyundai dan Kia untuk meningkatkan keamanan mobil mereka dan mengambil tindakan pencegahan agar tidak menjadi korban aksi pencurian ini.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait