website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 11:28:03 WIB

Persiapan Pemberangkatan Jemaah Haji 2023 di Kota Depok: Fokus pada Kebutuhan Lansia

Depok | detikNews – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kota Depok telah mengadakan rapat persiapan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji 2023. Rapat tersebut berlangsung di Aula Bougenville Lantai 1 Gedung Balai Kota pada Selasa (16/05/23) dan dipimpin oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kota Depok, yaitu Shandy Syamsurizal.

Rapat ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kota Depok, perangkat daerah, serta jajaran Instansi Vertikal.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Shandy Syamsurizal, menjelaskan bahwa semakin dekat waktu keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) ke Tanah Suci Mekkah, persiapan yang matang sangat diperlukan. Gelombang pertama keberangkatan calhaj akan dilaksanakan pada Sabtu (27/05/23).

Baca juga:  Gelar Haul Ayahandanya dan Maulidurosul, Ini Pesan Hj.Yeti Wulandari Tentang Orang Tua

Shandy mengungkapkan bahwa mereka telah mempersiapkan dengan matang proses pemberangkatan, termasuk persiapan di lokasi, upacara pelepasan di Masjid Agung Balai Kota, serta perjalanan dengan bus ke asrama haji Bekasi.

“Kami persiapkan dengan matang proses pemberangkatan mulai dari persiapan di lokasi, upacara pelepasan di Masjid Agung Balai Kota, dan perjalanan bus ke asrama haji Bekasi,” jelasnya.

Menurutnya, Pelaksanaan haji tahun ini memiliki perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya karena kuota calhaj telah kembali penuh seperti sebelum masa pandemi Covid-19. Pada tahun ini, pemerintah memberikan prioritas kepada calhaj kategori lanjut usia (lansia).

Baca juga:  Unggah Video Menyentuh, Walikota Depok dan Bunda Elly Mengucapkan Permohonan Maaf Lahir dan Batin dalam Memeriahkan Hari Raya Idul Fitri 1444H

Shandy menjelaskan bahwa PPIH Kota Depok telah menyiapkan sejumlah strategi pelayanan bagi calhaj, terutama lansia. Beberapa strategi tersebut antara lain penyediaan area khusus lansia saat keberangkatan, pendamping untuk pengawasan ketat, kursi roda, dan fasilitas lainnya.

“Tagline untuk haji tahun ini adalah “Haji Ramah Lansia”, sehingga tim pemberangkatan haji berusaha mengantisipasi kebutuhan jamaah, terutama lansia,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Depok, yaitu Yuli Rahmawati, mengungkapkan bahwa sebanyak 1.660 orang dari Depok akan diberangkatkan ke Mekkah tahun ini. Mereka akan dibagi menjadi lima kloter keberangkatan.

Baca juga:  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Meminta Jurnalis Dilindungi Saat Liput Kasus Sambo

Kloter 10 gelombang 1 akan diberangkatkan pada Sabtu (27/05) dengan jumlah 366 calhaj. Kloter 31 gelombang 1 akan diberangkatkan pada Minggu (04/06) dengan jumlah 366 calhaj.

Selanjutnya, kloter 43 gelombang 2 sebanyak 432 calhaj akan berangkat pada Jumat (09/06). Kloter 56 gelombang 2 dengan jumlah 432 calhaj akan diberangkatkan pada Selasa (13/06), dan kloter 67 gelombang 2 sebanyak 68 calhaj akan berangkat pada Senin (19/06), paparnya. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait