website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 1:34:53 WIB

PKS Kecewa Piala Dunia U-20 Batal di RI, HNW Ungkit Polemik LGBT dalam Konteks Pildun Qatar

Jakarta | detikNews – Wakil Ketua Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW), mengungkapkan kekecewaannya atas keputusan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. HNW menilai FIFA telah bertindak diskriminatif terhadap Indonesia.

“Saya kecewa dengan keputusan diskriminatif FIFA yang mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata HNW saat dihubungi, Kamis (30/3/2023).

Wakil Ketua MPR itu menilai tindakan FIFA diskriminatif. Dia menyoroti keputusan FIFA untuk menghukum Rusia karena menginvasi Ukraina tetapi tidak menjatuhkan hukuman serupa pada Israel karena menginvasi Palestina.

Baca juga:  Irjen Fadil Imran Resmi Menjadi Kabaharkam Polri dengan Kekayaan Mencapai Rp 4,2 Milyar

“FIFA telah melanggar salah satu prinsipnya, yaitu nondiskriminasi. Namun dalam kasus ini, FIFA telah bertindak diskriminatif,” kata HNW.

“Adalah diskriminatif untuk menghukum Rusia karena menginvasi Ukraina tetapi tidak untuk menghukum Israel karena tidak berpartisipasi dalam kegiatan FIFA. Israel telah menginvasi dan menduduki Palestina sejak 1948,” tambahnya.

Oleh karena itu, HNW berpendapat FIFA seharusnya mempertimbangkan sikap tegas Indonesia terhadap Israel. Dengan demikian, FIFA seharusnya tidak mengizinkan Israel untuk berpartisipasi di Piala Dunia U-20.

Baca juga:  Diduga Tidak Tersentuh Perawatan, Begini Penampakan Gapura Perbatasan Taput - Tapsel

“Ketika Indonesia memiliki posisi yang begitu kuat melawan pendudukan Israel atas Palestina, FIFA seharusnya sudah menyadari hal ini sejak awal. Karena itu, ketika FIFA menunjuk Indonesia sebagai penyelenggara, mereka seharusnya mempertimbangkan hal ini,” katanya.

HNW kemudian menunjuk keputusan FIFA untuk mengakomodasi Qatar meskipun penolakan tegas mereka terhadap LGBT. Dia menilai, seharusnya FIFA juga mengakomodir sikap Indonesia tersebut.

Baca juga:  Menghadapi Pemilu, Wakil Ketua MPR RI Mengingatkan Pentingnya Menjaga Kerukunan Antarumat Beragama

“Dalam konteks Qatar, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, ketua panitia dengan tegas menyatakan, ‘Kami tidak akan menjual keyakinan kami menolak LGBT demi Piala Dunia.’ FIFA mengakomodir aspirasi ini, dan kami melihat tidak ada yang diizinkan memakai band tim dengan LGBT,” kata HNW.

“Wajar saja jika Qatar bisa diakomodasi, FIFA juga harus bisa mengakomodir Indonesia. Jadi, jangan sampai kita membeda-bedakan,” pungkasnya.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait