website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 0:10:09 WIB

Plt Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Tholib Khatib Sholat Jum’at di Masjid Al-Muttaqin

Reporter: Ari

Tanjungbalai | detikNews – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai H Waris Tholib kembali menjadi Khatib pada pelaksanaan Sholat Jum’at di Masjid Al-Muttaqin, Jalan Beting Seroja (Esdengki), Tanjungbalai, Jum’at (24/6).

Dalam khotbah singkatnya, Plt Wali Kota Waris menyampaikan Kesalehan Sosial yang menunjuk pada perilaku orang-orang yang sangat peduli dengan nilai-nilai islami, yang bersifat sosial.

Ia mengatakan banyak orang yang saleh secara individual, namun tidak atau kurang saleh secara sosial, sebutnya

Baca juga:  Menuju Pengakuan UNESCO sebagai Kota Kreatif Media Seni, Pemkot Depok Sempurnakan Pengisian Dossier

“Banyak yang tidak memiliki kepekaan sosial, dan kurang menerapkan nilai-nilai islami dalam kehidupan bermasyarakat. Bersikap santun pada orang lain, suka menolong, sangat peduli terhadap masalah-masalah jiran tetangga, memperhatikan menghargai hak sesama, mampu berpikir berdasarkan perspektif orang lain, mampu berempati, intinya merasakan apa yang dirasakan orang lain,” katanya.

Lebih lanjut Waris mengatakan secara jelas kesalehan tidak mencakup hubungan baik dengan Allah (hablum minallah) saja, melainkan hubungan baik dengan sesama manusia (hablum minan nas), dan hubungan baik dengan alam (hablum minal alam.

Baca juga:  Kematian Tragis: Siswi SMPN 1 Kemlagi, Mojokerto Dibunuh dan Diperkosa Dua Kali oleh Durjana

Dalam Islam, sebenarnya corak-corak kesalehan itu merupakan suatu kemestian yang tak bisa ditawar. Semua harus dimiliki seorang Muslim, baik kesalehan individual maupun kesalehan sosial, tegas Waris

Kesalehan sangat tergantung pada tindakan nyata seseorang bahkan tida hanya berinteraksi dan bekerjasama dan bergaul dengan sesama, tapi prilakunya terhadap alam, baik hewan, tumbuh-tumbuhan. Agama mengajarkan “Udkhuluu fis silmi kaffah”, tutup Plt Wali Kota Tanjungbalai mengakhiri khotbahnya

Baca juga:  Adu Balap Becak 150 Meter Ramaikan HUT Bhayangkara di Polsek Bubutan

Usai pelaksanaan Sholat Jum’at Plt Wali Kota Waris makan siang bersama warga dan jamaah di pelataran teras Masjid.(Ari)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait