website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 14:22:14 WIB

Posko Mudik BPJS Kesehatan Hadirkan Layanan Relaksasi Cek Kesehatan Gratis untuk Arus Balik Libur Lebaran

Jakarta | detikNews – BPJS Kesehatan tetap akan membuka posko pelayanan selama arus mudik Lebaran di beberapa lokasi strategis. Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada saat libur lebaran.

Sebelumnya, selama mudik Lebaran, BPJS Kesehatan telah mendirikan posko pelayanan di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sedangkan untuk arus mudik, posko pelayanan BPJS Kesehatan tersedia di Rest Area Tol Pemalang KM 319B mulai 24-26 April 2023 selama 24 jam nonstop.

Mundiharno, Direktur Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, menjelaskan pihaknya tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan tetapi juga relaksasi dan pelayanan administrasi BPJS Kesehatan.

Baca juga:  PGN dan JNE Berkolaborasi untuk Efisiensi Kendaraan Logistik melalui Konversi BBG

Menariknya, layanan relaksasi yang disediakan juga melibatkan penyandang disabilitas (tunanetra) dalam memberikan terapi pijat.

“Kenyamanan pemudik menjadi perhatian kami, sehingga kehadiran posko pelayanan diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal. Berbagai layanan kami berikan agar pemudik dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan selama berwisata. Termasuk terapis pijat profesional yang dapat dijadikan sarana relaksasi,” kata Mundiharno dalam keterangan tertulis, Selasa (25/4/2023).

Ia mengungkapkan, sejak diresmikan pada Senin (24/4), sudah ada 53 pemudik yang berkunjung ke posko BPJS Kesehatan di KM 319B. Rata-rata pengunjung mengakses layanan pemeriksaan kesehatan.

Baca juga:  Kunjungi Anggotanya, Ini Kata Kapolres SBB

Untuk memastikan pemudik yang berkunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan aman, mereka juga menyediakan dokter dan perawat yang dapat membantu mengecek kondisi kesehatan pemudik.

“Semua pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik selama arus balik dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Kami juga menyediakan snack dan minuman yang dapat dinikmati oleh pemudik, ” dia menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Mohammad Sidik mengatakan, Posko Arus Balik yang diselenggarakan BPJS Kesehatan memberikan manfaat yang signifikan bagi pemudik.

Menurutnya, langkah BPJS Kesehatan dalam menyediakan posko mudik sangat tepat untuk meningkatkan kenyamanan pemudik selama perjalanan.

Baca juga:  Penerapan Kebijakan One Way di Tol Arus Balik Arah Jakarta Diperpanjang Hingga Tanggal Tertentu

“Untuk pelayanan kesehatan, kami melihat ada pelayanan konsultasi, pemeriksaan, pemberian obat, pengobatan darurat sederhana, dan pemberian rujukan jika diperlukan,” kata Sidik.

“Selain itu, tersedia juga ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit jika diperlukan. Manfaatnya luar biasa,” imbuhnya.

Sekedar informasi, kunjungan lapangan ke Posko Mudik BPJS Kesehatan dihadiri oleh Wakil Direktur BPJS Kesehatan Wilayah VI, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pemalang, Sekretaris Kabupaten Pemalang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Wakapolres Pemalang, dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait