website statistics
23.4 C
Indonesia
Wed, 22 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Wednesday, 22 May 2024 | 0:53:52 WIB

Prediksi BMKG: Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi pada Periode Mudik Lebaran April 2023

Jakarta | detikNews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prediksi cuaca ekstrem untuk April 2023, terutama selama masa arus mudik dan balik Lebaran. BMKG memberikan peringatan kepada para pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian mengingat potensi terjadinya cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia.

Menurut Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi mulai dari 15 April hingga 5 Mei 2023 di beberapa wilayah Indonesia. Cuaca ekstrem merupakan kejadian fenomena alam yang tidak normal dan tidak lazim yang dapat mengakibatkan kerugian terutama keselamatan jiwa dan harta. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem antara lain hujan lebat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi basah seperti banjir bandang dan tanah longsor.

Baca juga:  Laksanakan Program Pemkab Asahan, Camat Kota Kisaran Timur Gelar Operasi Pasar Murah

Dalam masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau seperti saat ini, kondisi cuaca bisa dengan tiba-tiba berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya karena arah angin bertiup sangat bervariasi. Awal pagi biasanya cerah, namun menjelang sore atau malam hari, cuaca dapat berubah menjadi berawan dan hujan. Awan kumulonimbus biasanya tumbuh pada pagi menjelang siang, bentuknya seperti bunga kol, warnanya ke abu-abuan dengan tepian yang jelas. Menjelang sore hari, awan tersebut akan menjadi gelap dan dapat menyebabkan hujan.

Baca juga:  Jalur Mudik Kalimalang di Bekasi Masih Lancar pada H-5 Lebaran dengan Adanya Pos Pantau Arus Mudik

Bencana hidrometeorologi merupakan suatu fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi). Bencana ini umumnya berupa banjir, longsor, curah hujan ekstrem, angin kencang, puting beliung, kekeringan, kebakaran hutan dan kualitas udara buruk.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada seluruh pemudik, penyedia jasa transportasi, dan operator transportasi untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik. Dengan demikian, diharapkan dapat meminimalisir risiko terjadinya bencana dan kerugian bagi keselamatan jiwa dan harta selama arus mudik dan balik Lebaran 2023.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait