website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 10:43:23 WIB

Program JKN Jadi Penyelamat Rosmawati dalam Mengatasi Masalah Batu Empedu

Lampung | detikNews – Masalah batu empedu telah menyebabkan Rosmawati (53) harus menjalani operasi. Dia merasa beruntung karena biaya operasi tersebut ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Setelah menjalani operasi, kondisi Rosmawati mulai membaik. Sebagai warga Kotabumi, Lampung Utara, dia mengatakan bahwa gejala awal yang dirasakannya adalah nyeri perut yang semakin parah, disertai demam, mual, dan muntah.

“Saya sangat beruntung mendapatkan penanganan di RS Handayani. Pelayanan mereka cepat dan memuaskan. Menurut saya, dokter dan perawatnya sangat ramah. Tidak ada perbedaan perlakuan meskipun saya menggunakan kartu kepesertaan BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah daerah,” kata Rosmawati seperti yang dikutip dalam keterangan tertulis pada Selasa (16/5/2023).

Baca juga:  Raih Manisnya Keuntungan Setiap Hari dengan Bisnis Sirup Aren Organik oleh Pria Berasal dari Rangkasbitung

Rosmawati dan keluarganya adalah peserta BPJS Kesehatan yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Lampung Utara. Anak Rosmawati, Desi, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Daerah Lampung Utara dalam menjamin kesehatan keluarganya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Lampung Utara karena kami sekeluarga bisa mendapatkan perlindungan kesehatan tanpa perlu membayar iuran setiap bulan. Ini sungguh membantu bagi keluarga yang kurang mampu. Saya berharap kepesertaan kami sekeluarga selalu dijamin oleh pemerintah daerah dan kartu BPJS Kesehatan selalu aktif sehingga kami bisa menggunakannya untuk berobat,” ujar Desi.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada RSU Handayani, tempat ibunya menjalani perawatan. Menurut Desi, rumah sakit tersebut bersih, dan kamar rawat inapnya juga bagus meskipun berada di kelas 3. Hal ini membuatnya sangat bersyukur menjadi peserta BPJS Kesehatan karena dia bisa mendapatkan perawatan gratis dengan fasilitas dan penanganan yang baik.

Baca juga:  Berhasil Tangani Jaminan Kesehatan Masyarakat dengan Sukses, Kota Bogor Raih Penghargaan UHC 2023

Setelah menjalani operasi, Rosmawati disarankan untuk beristirahat sebanyak mungkin untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Setelah pulang ke rumah, Rosmawati dilarang melakukan aktivitas berat atau mengangkat barang berat untuk menghindari luka bekas operasi yang terbuka dan berdarah.

Dia juga diwajibkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang dapat menyebabkan batu empedu, seperti makanan berlemak, digoreng, atau makanan instan.

Baca juga:  Wakil Ketua MPR RI Mengingatkan Pentingnya Waspada terhadap Eskalasi Kasus COVID-19

“Tentunya ibu saya harus melakukan pemeriksaan rutin sampai dia dinyatakan sembuh secara total. Berkat BPJS Kesehatan, saya tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan yang mungkin timbul karena semuanya sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan. Tidak perlu takut, selama sesuai dengan ind

ikasi medis, semuanya akan ditanggung. Apalagi sekarang berobat semakin mudah karena hanya perlu menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ungkap Desi, anak Rosmawati.

Desi mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri dan keluarga mereka dalam program BPJS Kesehatan. Dia juga berharap agar BPJS Kesehatan terus berlanjut untuk membantu masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait