website statistics
27.4 C
Indonesia
Sat, 4 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Saturday, 4 May 2024 | 14:11:04 WIB

Respon Cepat Penanganan Banjir di Kelurahan Mampang, Kadis PUPR Segerakan Pemasangan Jaring Sampah

Depok | detikNews – Menanggapi keluhan warga wilayah Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas yang terdampak banjir akibat dari bertumpuknya sampah diarea kolong jembatan perempatan Mampang, Citra Indah Yulianty selaku Kepala Dinas PUPR merespon cepat atas penanggulangan banjir tersebut, dengan membuat dua titik jaring sampah yang akan dipasang pada area hulu dan hilir kali/sungai tersebut.

“Sebenarnya pembuatan dan pemasangan jaring sampah di area kali tersebut, sudah lama kami agendakan. Namun, karena ada warga yang menolak pemasangannya dengan alasan takut bau dan banjir jadi kami pending dulu”, terang Citra, Selasa 20/6/2023.

“Kami telah menyiapkan dua buah jaring sampah untuk area hulu dan hilir kali tersebut. Satu jaring sampah sudah ready dan siap pasang, satu lagi sedang dalam proses pembuatan. Kita sedang menunggu hasil rapat koordinasi dari pihak Kelurahan dan Kecamatan hari ini kapan mau dipasangnya”, jelasnya.

Baca juga:  Raih 2 Medali di Ajang Kejurnas Jabar Open 2023, H.Imam Musanto : Ini Merupakan Hasil Gemilang Perbakin Kota Depok

Kadis PUPR Kota Depok menyebut, bahwa dalam upaya penanggulangan banjir yang terjadi akibat tumpukan sampah, langkah-langkah seperti pemasangan jaring sampah di area kali dapat menjadi solusi yang efektif. Jaring sampah tersebut berfungsi untuk menahan dan menyaring sampah agar tidak menyumbat aliran air di kali. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi kemungkinan banjir yang terjadi karena tumpukan sampah.

“Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam penanganan sampah di kali sangat penting untuk mencapai lingkungan yang bersih dan sehat. Upaya kolaboratif ini harus melibatkan partisipasi aktif warga dalam mengurangi, memilah, dan membuang sampah dengan benar, sementara pemerintah bertanggung jawab dalam menyediakan infrastruktur yang diperlukan, mengawasi pelaksanaan kebijakan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat”, tutur Citra.

Baca juga:  KPK Menjelaskan Asal Harta dan Sumber Pendapatan Eks Pejabat Pemkot Jakut dalam Klarifikasi

“Dengan implementasi langkah-langkah tersebut, kami berharap tercipta kerjasama yang kuat antara Pemerintah dengan masyarakat dalam penanganan sampah. Sinergi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan dan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan”, tandasnya.

Citra menambahkan, bahwa penanganan sampah memang merupakan masalah bersama yang harus dihadapi oleh semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor terkait lainnya, dan dalam mengatasi masalah sampah ini, kolaborasi dan partisipasi semua pihak menjadi sangatlah penting dilakukan.

Baca juga:  MUI Kota Depok Gelar Pengajian Ulama Umaro dan Halal Bihalal Idul Fitri 1444H

“Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat mencemari lingkungan, termasuk udara, air, dan tanah. Ini berdampak negatif pada ekosistem, biodiversitas, serta kesehatan manusia dan hewan. Dalam mengatasi dampak tersebut, perlu kerjasama semua pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan”, jelasnya.

“Dengan mengakui bahwa penanganan sampah adalah masalah bersama, kita dapat bekerjasama dalam merumuskan kebijakan, mengimplementasikan program, dan mengubah perilaku masyarakat. Dengan kolaborasi yang kuat, kedepannya kita akan dapat mencapai lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan”, ujar Kadis PUPR.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait