website statistics
29.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 16:44:14 WIB

Revolusi Ekonomi Lebaran Depok 2023, Perputaran Uang Luar Biasa Tembus Angka Miliaran Rupiah

Depok | detikNews – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat, menganggap Lebaran Depok sebagai salah satu acara kalender yang sukses. Dalam acara ini, terjadi perputaran uang yang mencapai miliaran rupiah.

Dalam Lebaran Depok 2023, DKUM melibatkan 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdaftar dalam Wirausaha Baru (WUB) tahun sebelumnya. Sementara sisanya merupakan UMKM dari Kecamatan. Dede Hidayat menyebut bahwa ini adalah acara kalender yang cukup berhasil, mengingat perputaran uangnya mencapai miliaran rupiah. Namun, jumlah pastinya masih dalam tahap penghitungan, ujarnya, Senin (22/05/2023)

Baca juga:  Optimalisasi Kesehatan Ibu dan Anak, Dinkes Kolaborasi Puskesmas dan PMB

Dede Hidayat menjelaskan bahwa kegiatan Lebaran Depok setiap tahun selalu menjanjikan bagi UMKM. Para pelaku usaha yang terlibat melaporkan peningkatan omzet hingga lima kali lipat.

Sebagai contoh, pedagang cendol dapat menghasilkan omzet hingga Rp 5 juta per hari. Pertukaran uang ini dianggap luar biasa dan menjanjikan oleh Dede Hidayat.

Dede Hidayat berharap bahwa acara kalender yang biasanya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Depok dapat terus melibatkan pelaku usaha. Hal ini akan membantu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk-produk UMKM.

Baca juga:  Pasar Simo dan Pakis Harga Ayam Potong Masih Tinggi

Dalam jangka panjang, Dede Hidayat berencana agar booth yang disediakan dalam acara tersebut diprioritaskan untuk UMKM yang merupakan binaan Depok. Selain itu, jumlah booth juga akan ditingkatkan.

“Outputnya dari kegiatan seperti ini, WUB maupun pelaku usaha lainnya bisa perkenalkan produk UMKM secara luas. Ke depan kami ingin boot yang disediakan diprioritaskan untuk UMKM binaan Depok dan jumlahnya diperbanyak,” pungkasnya.

Baca juga:  Viral !!! Ada Bunga Rafflesia Arnoldi di Kebun Warga Cilodong Depok

Dengan demikian, Dede Hidayat berharap melalui kegiatan seperti ini, baik melalui WUB maupun pelaku usaha lainnya, produk-produk UMKM dapat dikenal secara luas. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait