website statistics
26.4 C
Indonesia
Mon, 29 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Monday, 29 April 2024 | 12:47:55 WIB

Rubo, Maskot Anyar Kota Bogor Menyapa Warga Menteng dalam Local Pride Festival

Bogor | detikNews – Warga Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, sangat antusias menyambut kedatangan maskot anyar Kota Bogor yang dikenal dengan nama Rubo (Rusa Bogor). Acara ini merupakan bagian dari Local Pride Festival (LOPE) yang digagas oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian.

Local Pride Festival (LOPE) adalah rangkaian acara yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi produk lokal dari Kota Bogor, termasuk merchandise Rubo seperti perca, batik, dan pakaian, serta produk kerajinan dan makanan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lainnya. Edisi perdana LOPE diadakan di Kelurahan Menteng dan akan menjadi acara rutin setiap akhir pekan di wilayah-wilayah lain di Kota Bogor.

Baca juga:  Korban Meninggal Akibat Longsor di Empang Bogor Bertambah Menjadi 7 Orang

Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah fashion show kreatif dari warga setempat, yang melibatkan berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orangtua. Fashion show tersebut juga diikuti dalam lomba yang berlangsung meriah.

Menurut Bima Arya, tujuan utama kehadiran Rubo dalam acara ini selain untuk memperkenalkan maskot baru, juga bertujuan untuk mendukung perekonomian warga, terutama para pelaku UMKM.

“Saya hadir di sini untuk memperkenalkan sosok yang baru saja lahir pada tanggal 3 Juni 2023. Namanya Rubo, Rusa Bogor. Rubo ini adalah maskot Bogor. Bapak dan ibu boleh mengundang Si Rubo untuk acara tertentu. Jika ingin membuat aksesoris dengan nuansa Rubo, dipersilahkan. Jika ingin membuat coklat atau kue dengan tema Rubo, juga diperbolehkan,” ujar Bima Arya, Sabtu (29/07/2023)

Baca juga:  Seribu Lilin Oleh Nakes Flotim

LOPE atau Local Pride Festival ini akan menjadi acara rutin, dan Bima berkomitmen untuk mengenalkan Rubo ke seluruh wilayah di Kota Bogor dengan cara blusukan.

“Saya akan mengantar Rubo blusukan ke semua wilayah di Kota Bogor karena Rubo ini milik kita, dari kita, dan untuk kita. Semoga acara ini mendapat berkah,” tambahnya.

Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian, menambahkan bahwa warga atau UMKM yang berminat untuk memproduksi aksesoris, makanan, atau minuman dengan tema Rubo dapat mendaftarkan usaha mereka ke Dekranasda.

Baca juga:  Para Pelaku Mengkonsumsi Miras Sebelum Menganiaya Keluarga di Bogor Selatan, Kota Bogor; Satu Pelaku Positif Menggunakan Narkoba Jenis Sabu-Sabu dengan Inisial FZ

“Kami memiliki galeri Dekranasda di Jalan Bina Marga, dan kami akan membantu mempromosikan dan memasarkan produk-produk tersebut. Bagi warga Menteng yang tertarik memproduksi kerudung atau pakaian dengan motif Rubo, silahkan mendaftarkan usaha Anda ke Dekranasda. Semua kreativitas warga akan kami dukung dan promosikan,” ungkap Yane Ardian.

Acara tersebut dihadiri oleh para Camat Bogor Barat, termasuk Dudi Fitri Susandi, serta Camat-camat dari wilayah lain di Kota Bogor. Turut hadir pula Anggota DPRD, Rifki Alaydrus, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat yang turut mendukung kesuksesan acara LOPE dan kehadiran maskot Rubo dalam memajukan produk-produk lokal dari Kota Bogor. (Ed)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait