website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 15:11:14 WIB

SBMI Loteng Apresiasi Langkah Polda NTB Berantas TPPO, Tindakan Pemda Diharapkan

Lombok Tengah, NTB | detikNews – Komitmen Polda NTB untuk memerangi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) mendapat apresiasi dari Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (16/06/2023)

Hamdianto SPd Ketua SBMI Lombok Tengah mengatakan langkah-langkah Kepala Kepolisian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam memberantas TPPO sangat bagus bagi keselamatan para PMI asal NTB.

Baca juga:  Sebagai Wujud Syukur, Ikatan Arema Kupang Gelar Tumpengan

“Mengingat NTB menempati peringkat keempat kasus TPPO, Langkah Polda NTB yang berkomitmen perangi TPPO patut diapresiasi,” katanya.

Hamdianto menjelaskan terkait penempatan pekerja migran Indonesia (PMI) ke Saudi Arabia dan negara-negara lain secara resmi atau prosedural harus melalui program Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK).

“SPSK telah dibuka oleh Pemerintah sesuai Permen 291 Tahun 2018 tanpa dipungut biaya penempatan, dimulai dari pemeriksaan medis, pelatihan kompetensi, paspor, asuransi BPJS dan asuransi luar negeri, serta tiket keberangkatan sampai kepulangan setelah kontrak kerja 2 tahun dengan gaji sesuai kesepakatan kedua negara,”jelasnya.

Baca juga:  Anak Karo Ops Polda NTB Menabrak Siswa Hingga Tewas di Jaksel: "Kasus Kecelakaan yang Menarik Perhatian Publik"

Lebih lanjut, Ia juga berharap peran aktif Pemerintah Daerah dalam mendukung dan mensosialisasikan telah dibukanya penempatan PMI melalui SPSK kepada masyarakat yang ingin kerja ke Saudi Arabia.

“Agar tidak terkena bujuk rayu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas Hamdianto. (HSH)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait