website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 2 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 2 May 2024 | 9:17:03 WIB

Terapis Pijat Tuna Netra Siap Layani Pemudik, Dilengkapi Ambulans di 5 Posko Mudik BPJS Kesehatan

Jakarta | detikNews – Syamsul Rijal dan Basri Maksud merasa bangga dan senang bisa memberikan layanan pijat kepada para pemudik yang mengantre keberangkatan kapal di Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan tahun 2023 di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. BPJS Kesehatan menggandeng penyandang tunanetra seperti Syamsul dan Basri untuk menyediakan fasilitas pijat di Posko Mudik BPJS Kesehatan.

“Bahkan selain yang jalan-jalan, tadi sore saya juga urut Direktur dan Ketua Dewan Pengawas saat pembukaan, katanya urut saya enak, alhamdulillah. Jadi, senang mendengarnya,” ujar Syamsul dikutip dalam tulisannya. keterangan pada Selasa (18/4/2023).

Syamsul dan Basri akan bertugas di Posko Mudik BPJS Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar selama 4 hari, mulai 18-21 April 2023, dan di Pos Balik mulai 25-27 April 2023. Selain di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, terapis pijat juga tersedia di lima titik posko mudik yang berada di beberapa kawasan ramai kunjungan wisatawan.

Baca juga:  Polda Metro Jaya Selidiki Dugaan TPPU dalam Kasus Mafia Travel Umrah yang Telantarkan Jemaah

Kelima posko mudik tersebut adalah Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, dan Pos Arus Balik Rest Area 319 B Pemalang.

“Kami berkolaborasi dengan ahli pijat tunanetra yang hadir untuk membantu pemudik memanfaatkan fasilitas relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai kontribusi kami dalam memberdayakan peran penyandang disabilitas di masyarakat,” jelas Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal saat meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Selasa (18/4).

Baca juga:  Bolaang Mongondow Timur Diguncang Gempa Bumi M 3,6: Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan dan Persiapkan Darurat

Afdal menambahkan, sebagai upaya mengintensifkan sosialisasi dan edukasi Program JKN kepada pemudik, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Mobile JKN Corner. Ia berharap masyarakat dapat lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan karena memiliki banyak fitur untuk mempermudah akses peserta ke layanan JKN.

Selain sebagai sarana relaksasi dan edukasi Program JKN, di Posko Mudik BPJS Kesehatan, pemudik juga bisa mendapatkan berbagai layanan yang disediakan, seperti konsultasi dan pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan, pemberian penanganan darurat sederhana, hingga rujukan jika diperlukan.

Selain itu, tersedia ambulans untuk mengantar wisatawan ke rumah sakit jika membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Wisatawan juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

Baca juga:  Operasi Zebra Tahun 2022, Satlantas Polres Lombok Tengah Berikan Imbauan

“Semua layanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan dapat dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam, dibagi menjadi tiga tim yang bergantian setiap delapan jam sekali. Masing-masing tim terdiri dari dua petugas BPJS Kesehatan, satu dokter, dua paramedis, dan satu supir ambulan,” ujar Afdal.

Kepala Bidang Perhubungan Laut, Operasi, dan Lalu Lintas Usaha Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar, Mukminin, mengapresiasi BPJS Kesehatan yang konsisten dan rutin menyelenggarakan posko mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait