website statistics
21.4 C
Indonesia
Tue, 21 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Tuesday, 21 May 2024 | 5:57:29 WIB

Tingkatkan Pendidikan Anak, Lurah Mekarjaya Ajak Sekolah Terapkan Konsep Ramah Anak

Depok | detikNews – Lurah Mekarjaya, Nelda Purnadia, berperan sebagai narasumber dalam acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Yaspen Tugu Ibu pada Selasa (18/07) yang lalu. Pada kesempatan tersebut, Lurah Nelda menyampaikan materi tentang sekolah ramah anak.

Lurah Nelda menjelaskan bahwa tujuan dari penyampaian materi ini adalah agar sekolah dapat menerapkan program ramah anak dalam memberikan pendidikan kepada para siswa.

Baca juga:  Bentuk SDM Mumpuni Untuk Capai Target Net Zero, Pertamina Gelar Sustainability Academy

“Program ini bertujuan untuk menjamin, memenuhi, dan menghargai hak-hak anak serta memberikan perlindungan dari kekerasan dan perilaku menyimpang lainnya,” ujar Nelda, Kamis (20/07/2023)

Dalam konsep sekolah ramah anak, terdapat beberapa komponen pendukung yang harus dipenuhi. Pertama adalah adanya kebijakan terkait sekolah ramah anak yang harus diimplementasikan dengan baik. Kedua, pendidik dan tenaga kependidikan harus terlatih dalam mengenali dan memahami hak-hak anak, sehingga mereka dapat memberikan perlindungan dan dukungan yang sesuai bagi para siswa.

Baca juga:  UPTD Puskesmas Mampang Sosialisasikan Tips Minum Obat yang Baik saat Bulan Puasa

Komponen ketiga adalah pelaksanaan proses belajar yang disiplin tanpa kekerasan. Hal ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak secara optimal.

Lurah Nelda menegaskan pentingnya sekolah ramah anak karena siswa menghabiskan waktu yang cukup lama, yaitu delapan jam, di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, menerapkan konsep sekolah ramah anak diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mencegah kekerasan terhadap anak.

Baca juga:  Perspektif Hasbullah Rahmad Mengenai Revitalisasi Situ Jatijajar

Ia berharap agar seluruh sekolah di wilayah Kelurahan Mekarjaya dapat mengadopsi pendekatan sekolah ramah anak ini dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Dengan demikian, diharapkan anak-anak akan tumbuh dan berkembang dengan lebih baik, serta mendapatkan pendidikan yang bermutu dan mendukung perkembangan potensi mereka secara menyeluruh. (Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait