website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 3 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 3 May 2024 | 13:50:04 WIB

Tragedi di Proyek Basemen Kantor Duren Sawit: Satu Pekerja Meninggal Dunia Akibat Tertimbun Tanah

Jakarta | detikNews – Duren Sawit, Jakarta Timur – Dua pekerja mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tertimpa tanah saat sedang bekerja di proyek basemen perkantoran di wilayah ini. Insiden tragis ini menyebabkan salah satu pekerja berhasil dievakuasi dengan selamat, namun satu orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Menurut Kasiops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, kecelakaan tersebut terjadi pada hari Senin (31/7/2023). Ia mengonfirmasi bahwa korban yang meninggal dunia bernama Sukadis, berusia 33 tahun, sedangkan pekerja yang selamat bernama Usman, berusia 45 tahun. Saat itu, keduanya sedang dalam proses mengerjakan proyek basemen perkantoran ketika bangunan di sekitar mereka tiba-tiba runtuh dan menimpa mereka.

Baca juga:  Mengenal Komunitas Gowes Sepeda Suramada Kemayoran Jakarta Pusat

“Keduanya sedang melakukan pengerjaan proyek basemen perkantoran lalu secara tiba-tiba bangunan rumah (bedeng pekerja) runtuh beserta tanah sehingga menimbun beberapa pekerja yang berada persis di bawah tebing bangunan proyek,” ungkap Gatot.

Tindakan cepat dilakukan setelah kejadian tersebut. Tim penyelamat dengan total 12 personel dikerahkan untuk melakukan proses evakuasi. Proses evakuasi dilakukan dengan penuh perhatian dan kehati-hatian karena situasi yang berbahaya. Upaya ini berlangsung selama kurang lebih 4 jam, dimulai dari pukul 18.28 WIB hingga 22.20 WIB.

Baca juga:  Pertambangan Emas PT BMU Tetap Berlanjut di Aceh Selatan Meskipun Izinnya Dibekukan

Beruntung, salah satu korban, Usman, berhasil dievakuasi dengan selamat dari reruntuhan tersebut dan segera dilarikan ke RS Duren Sawit untuk mendapatkan perawatan medis. Namun, sayangnya, nasib Sukadis tidak seberuntung rekannya. Ia tidak bisa diselamatkan dan meninggal dunia akibat tertimbun tanah.

“Evakuasi kedua korban selesai. Korban pertama dibawa ke RS Duren Sawit kondisi hidup. Korban kedua dibawa ke RS Polri kondisi meninggal dunia,” tambah Gatot.

Baca juga:  BPBD Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta: Waspada Banjir Rob di Jakarta Utara hingga 17 Juli 2022

Insiden ini menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan rekan-rekan korban. Pihak berwenang diharapkan akan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan ini dan mencegah kejadian serupa di masa depan. Keselamatan dan perlindungan para pekerja harus menjadi prioritas utama dalam setiap proyek konstruksi untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait