website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 8 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 8 May 2024 | 9:14:27 WIB

Upaya Pemkab: Mengatasi Kondisi Bangunan Rusak, Sekitar 30% SD di Pandeglang Diperbaiki

Pandeglang | detikNews – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Pandeglang mencatat bahwa sekitar 30 persen dari total 850 Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut mengalami kondisi bangunan yang masuk dalam kategori rusak. Kondisi tersebut mayoritas terjadi di wilayah Pandeglang yang rawan bencana, Selasa (25/7/2023).

Sutoto, Sekretaris Dindikpora Pandeglang, menyatakan bahwa dari total 150 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah tersebut, sekitar 20 persen juga mengalami kerusakan. Namun, jumlah SMP yang mengalami kerusakan lebih sedikit dibandingkan dengan SD.

Baca juga:  Seleksi Calon Dirut dan Dirtek Perumda Tirta Benteng, Terdapat Perubahan Jadwal Seleksi untuk Calon Dirut

Menurutnya, tanggung jawab untuk bangunan sekolah yang mengalami kerusakan ringan berada pada kepala sekolah. Sutoto berharap kepala sekolah dapat berperan aktif dalam mencegah kondisi sekolah yang mengalami kerusakan menjadi lebih parah.

Sutoto memiliki target bahwa pada tahun 2026, Pemkab Pandeglang akan dapat menyelesaikan persoalan kondisi sekolah yang rusak. Keuntungan saat ini adalah adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 211 dan 212 tahun 2022 yang memprioritaskan sektor pendidikan.

Baca juga:  Muhadjir Effendy: Usulan Libur Idul Adha 2 Hari Telah Diteruskan kepada Presiden Jokowi

Dalam hal anggaran, DAK (Dana Alokasi Khusus) yang biasanya berbasis dapodik, hanya bisa mencakup beberapa sekolah, misalnya sekitar 10 hingga 20 sekolah per tahun. Namun, dengan masuknya anggaran APBD dan adanya kebijakan PMK, diharapkan sekitar 100 sekolah dapat tertangani pada tahun ini, sehingga pada tahun 2026 diharapkan seluruh permasalahan kondisi sekolah yang rusak dapat diselesaikan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait